JAGAT ANEH: 10 Fenomena alam paling spektakuler

Kecanggihan teknologi sering membuat kita lupa akan dahsyatnya kekuatan alam. Alam menyimpan berbagai fenomena indah, kuat, bahkan menakutkan, yang tak bisa dikalahkan oleh teknologi secanggih apapun. Berikut 10 fenomena alam paling spektakuler

1 Migrasi kupu-kupu

Kupu-kupu moonarch (Danaus plexippus) menunjukkan salah satu keindahan dunia binatang. Seekor kupu-kupu ini saja sudah memiliki warna yang indah, yaitu oranye dan hitam. Maka ketika ribuan dari mereka bermigrasi, dalam sekejap mereka membuat langit terlihat penuh warna. Mereka bermigrasi ke selatan untuk mencari udara yang lebih hangat dan persediaan makanan yang lebih banyak. Menjelang musim dingin, parade ribuan kupu-kupu ini akan menghiasi sebagian besar bagian langit Amerika Utara.

2 Geyser

Inilah demonstrasi kekuatan bumi yang kita tempati. Geyser adalah sumber air panas yang kerap menyembur ke atas permukaan bumi akibat tekanan kuat dari bawah. Geyser terdapat hampir di seluruh dunia, namun lebih dari setengah jumlah geyser di dunia berada di taman nasional Yellowstone, Amerika Serikat, termasuk Steamboat, salah satu geyser dengan semburan tertinggi di dunia.

3 Noctiluca Scintillans

Ganggang mekar mungkin bukan sesuatu yang spektakuler, namun berbeda dengan ganggang jenis Noctiluca scintillans. Ini merupakan salah satu keajaiban bawah laut yang menakjubkan, sewaktu merasa terganggu mereka akan mengeluarkan cahaya biru yang indah. Ganggang ini bisa ditemukan di laut seluruh dunia.

4 Pusaran Api

Tornado saja sudah amat menakutkan, bagaimana jika ditambah pusaran api? Pusaran api terjadi saat panas dari api menyedot udara di sekitarnya dan menciptakan pusaran yang mengerikan. Pusaran api sangat mengerikan, ia bisa bergerak cepat dan membakar apapun yang dilewati. Saat Tokyo dilanda gempa pada 1923, kota itu dipenuhi sejumlah pusaran api yang berasal dari bangunan-bangunan kayu yang terbakar. Pusaran api telah menyebabkan 38.000 orang tewas terbakar.

5 Pilar Cahaya

Pada udara yang sangat dingin, saat kristal es membeku di atmosfir, terbentuklah pilar atau tiang cahaya di langit. Mereka membentuk formasi cahaya seperti pada saat matahari tenggelam, namun berbentuk vertical. Cahaya ini merupakan pantulan kristal es, maka semakin tinggi kristal es yang membeku di atmosfir, semakin tinggi pula pilar cahaya yang terbentuk.

6 Pusaran air

Dalam dongeng atau kisah fiksi, pusaran air sering menjadi mimpi buruk bagi setiap kapal laut. Dalam dunia nyata, tidak pernah ada kasus kapal tenggelam akibat pusaran air raksasa. Pusaran air ini terbentuk oleh angin dan ombak besar yang dapat menjadi kekuatan luar biasa.

7 Danau lahar

Lahar, lelehan batu panas ini biasanya hanya bisa kita lihat saat ada letusan gunung berapi. Tapi ternyata ada lima tempat di mana lahar yang muncul ke permukaan menyatu dengan air dan membentuk kolam yang tenang. Danau lahar ini penting bagi para peneliti yang akan meneliti lahar bumi, karena mereka tak perlu mempertaruhkan nyawa di ganasnya letusan gunung berapi. Di malam hari, danau lahar ini bersinar akibat radiasi panas, maka meskipun tampak tenang, danau lahar tetaplah berbahaya.

8 Badai pasir

Fenomena badai pasir memang terlihat menakjubkan, namun sangat berbahaya jika Anda terjebak di dalamnya. Badai pasir selalu menjadi ancaman bagi penjelajah gurun karena ia bisa membuat Anda tersesat, atau bahkan terkubur hidup-hidup. Fenomena ini terjadi saat angin kencang menyapu gurun pasir dan mengangkat partikel pasir dan debu ke atmosfir. Badai pasir besar bisa terlihat dari angkasa.

9 Gerhana matahari

Diameter matahari 400 kali lebih besar daripada bulan, tapi jarak matahari juga 400 kali lebih jauh daripada bulan. Maka saat terjadi gerhana, ada pemandangan menakjubkan manakala matahari tertutup sempurna oleh bayangan bulan. Pada saat gerhana matahari total, lapisan yang mengelilingi matahari, corona, dapat terlihat. Ini menjadi pemandangan yang luar biasa.

10. Aurora

Aurora terjadi saat partikel dari matahari terhubung dengan medan elektromagnetik bumi dan menjadi refleksi cahaya indah di atmosfir. Cahaya indah berwarna hijau kebiruan dan pink ini merupakan atom cahaya yang terionisasi di atmosfir. Namun fenomena ini hanya dapat terjadi di wilayah kutub bumi, yang memiliki medan elektromagnetik.(yri)

http://listverse.com/2012/02/08/top-10-spectacular-natural-phenomena/

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X