20 Hotel di Jabar Raih Sertifikasi Hotel Berbintang

BANDUNG (bisnis-jabar.com)—Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudparbud) Jawa Barat menggelar acara penganugerahan sertifikasi hotel berbintang di The Papandayan Hotel  Bandung, Jalan Gatot Subroto, Rabu malam (27/03/2013).

Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf kepada 20 hotel di Jawa Barat.

Menurut Kepala Disbudparbud Jabar Nunung Sobari, pemberian sertifkat hotel berbintang ini merupakan gelaran kedua setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2012.

“Penganugerahan sertifikat ini bertujuan untuk mendorong hotel-hotel di Jawa Barat untuk lebih profesional dan terus memberikan pelayanan yang terbaik sesuai standar hotel berbintang,” katanya, Rabu malam (27/3/2013).

Ketua DPD PHRI Jabar Herman Muchtar menambahkan, hotel-hotel yang malam itu menerima sertifikat hotel berbintang telah melewati penilaian yang sangat ketat dari total sekitar 1.500 hotel di seluruh Jawa Barat. Hotel-hotel yang telah lulus klasifikasi sendiri hanya mencapai 6% dari total hotel tersebut.

“Standardisasi berbintang hotel itu harus sekelas dengan skala internasional karena dapat berpengaruh pada kunjungan tamu. Setiap tahunnya jumlah tamu asing makin banyak, maka itu PHRI dan Disubudpar harus mengklasifikasikan hotel-hotel,” tambahnya.

Selain Nunung dan Herman, Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf juga memberikan sambutannya malam itu. Dia mengatakan pemerintah daerah sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Disbudpar dan PHRI dan para hotel yang menjadi penyumbang ekonomi sektor rill.

Dia mengharapkan  hotel dapat melakukan upaya maksimal agar tamu dapat memperpanjang length of stay dari yang rata-rata dua malam menjadi tiga malam.

“Semoga makin banyak wisatawan yang datang dan menginap di Jawa Barat serta lama menginapnya bertambah jadi tiga malam. Infrastuktur, ditambah paket wisata serta kepastian akomodasi bagi para tamu harus mulai diperbaiki,”katanya.

20 Hotel yang menerima sertifikat hotel berbintang adalah :

The Trans Luxury Hotel (Bintang 5)
Grand Hotel Preanger (Bintang5)
Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center (Bintang 5)
ArionSwiss-Bell Hotel (Bintang 4)
Pajajaran Suites Hotel & Conference (Bintang4)
Royal Safari Garden Resort & Convention (Bintang 4)
Hotel Holiday Inn (Bintang 4)
Hotel Luxton (Bintang 4)
Hotel Santika Tasikmalaya (Bintang 3)
Hotel Santika Bandung (Bintang 3)
Hotel Santika Bogor (Bintang 3)
Taman Sari Hotel (Bintang 3)
Ibis Bandung Trans Studio (Bintang 3)
Lembah Hijau Mountain Resort Hotel (Bintang 3)
Hotel Selabintana  Conference Resort (Bintang 3)
The Palais Dago Hotel (Bintang 3)
Hotel Bumi Wiyata Depok (Bintang 3)
Hotel Intan Cirebon (Bintang 3)
Hotel New Ayuda (Bintang 3)
Hotel Bunga Indah (Bintang 2).

(k30/ija)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X