25.000 Wisatawan kunjungi objek wisata Bandung selatan

SOREANG: Sekitar 25.000 orang pada hari ini diprediksi akan mengunjungi sejumlah objek wisata yang ada di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pasalnya, setiap memasuki akhir pekan dan libur lebaran jumlah kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata yang ada di Bandung Selatan seperti Kawah Putih, Situ Patenggang, Cimanggu, Ciwalini dan MT Highland mengalami peningkatan, kata Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Bandung Selatan, Asep Ester saat dihubungi, Jumat.

Untuk kemarin saja, wisatawan yang datang jumlahnya mencapai 17.000 orang dari berbagai kota, bahkan ada juga yang datang dari luar negeri. Sepertinya, kunjungan wisatawan pada tahun ini akan meningkat dibanding tahun sebelumnya, kata Asep, pengelola objek wisata Situ Patenggang dan Cimanggu dari PT Pesona Matahari tersebut.

Jumlah kunjungan wisatawan pada libur lebaran tahun ini akan mengalami puncaknya pada Minggu (4/9) yang merupakan hari terakhir libur lebaran. Untuk rata-rata setiap harinya jumlah kunjungan wisatawan selalu mengalami peningkatan 15 persen dibanding 2010.

“Meningkatnya kunjungan ke sejumlah objek wisata yang ada di Rancabali karena memang tempatnya yang indah dan nyaman untuk dikunjungi serta sudah banyak orang yang mengenalnya. Sejauh ini, Kawah Putih masih menjadi primadona untuk tempat wisata yang paling banyak dikunjungi,” ujarnya.

Meski begitu diakuinya, beberapa sarana dan prasarana penunjang yang ada di sejumlah objek wisata di Kabupaten Bandung ini masih belum maksimal. Seperti lebar jalan yang tidak sesuai dengan tingginya volume kendaraan yang masuk ke kawasan wisata. Akibatnya, kemacetan panjang selalu terjadi.

“Makanya, kemacetan kendaraan di hari kemarin (Kamis,1/9) baru bisa terurai pada pukul 24.00 WIB tadi malam. Hal ini karena banyaknya jalan yang berkelok dan jalan yang sempit,” ujarnya.

Padahal, Pemkab Bandung sebelumnya telah melakukan pelebaran jalan satu meter. Namun hal itu nampaknya belum berpengaruh banyak untuk mengatasi penumpukan kendaraan yang masuk ke kawasan wisata tersebut. Oleh karena itu pihaknya mengimbau pada wisatawan yang akan berkunjung untuk berhati-hati karena banyak tanjakan dan kelokan.

Harga tiket masuk kawah putih sebesar Rp25.000, Situ Patenggang Rp6.000, Ciwalini Rp15.000, Cimanggu Rp12.500 dan MT Highland harga tiket masuk Rp10.000 per orang.

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X