Asean sepakat perkuat UKM

Oleh Diena Lestari

JAKARTA: Para menteri negara anggota Asean Economic Community sepakat untuk memperkuat usaha kecil dan menengah sebagai dukungan agar sektor ini dapat memenuhi standar yang diterapkan oleh Uni Eropa.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu yang bertindak sebagai pimpinan Preparatory Meeting of Asean Economic Ministers (AEM) menyatakan penguatan UKM menjadi penting saat ini.

“Setiap negara anggota perlu memperkuat dan memaksimalkan potensi UKM. Pemberian fasilitas dan perlakukan khusus kepada UKM perlu dilakukan untuk mempercepat integrasi ekonomi Asean,” katanya dalam Sidang AEM di Jakarta, hari ini.

Delegasi negara anggota menyepakati masalah itu dan mengakui pemberian fasilitas kepada UKM mendesak dilakukan.

Mari menyatakan perlu adanya kerja sama antarnegara Asean sehingga dapat berkontribusi perekonomian kawasan regional. Pada rapat tersebut disepakati bahwa masalah ini akan didetailkan kembali pada ajang pertemuan Asean Economic Ministry Meeting pada Agustus mendatang.

Dia menambahkan ada delapan hal yang perlu difokuskan dalam pengembangan sektor UKM se-Asean. Pertama, mengimplementasikan kebijakan yang tepat untuk penguatan UKM. Kedua, meningkatkan standar bisnis. Ketiga, membangun sistem informasi, keempat, inisiasi program khusus untuk UKM, dan kelima, penyediaan modal.

Keenam, membentuk penasehat bisnis dan jasa manajemen keuangan, ketujuh, memperkuat kerjasama antar UKM se-Asean. “Dan yang tidak kalah penting adalah melakukan integrasi UKM dalam jaringan produk regional Asean,” katanya.(Roberto Purba)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X