BANDARA KERTAJATI: Dana Rp175 Miliar untuk Pembebasan Lahan 2013

CIREBON (bisnis-jabar.com)—Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menyiapkan dana sebesar Rp175 miliar untuk pembebasan lahan rencana proyek BIJB Kertajati pada 2013 seluas 102 hektare.

Pembebasan lahan 102 hektare merupakan lanjutan pembebasan lahan yang telah dilakukan sejak 2009-2012 dan berhasil membebaskan lahan seluas 464 hektare dengan alokasi dana sebesar Rp293 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Deddy Taufik mengatakan pembangunan BIJB Kertajati fase 1 tahap 1 baru bisa dilakukan kalau pembebasan lahan telah mencapai 970 hektare.

Dirinya menuturkan pembangunan fase 1 tahap 1 dimulai dengan membangun runway dan sisi darat BIJB Kertajati dengan panjang 4.000 meter dan lebar 60 meter.

“Pembangunan BIJB Kertajati nantinya akan menggunakan dana APBN 2013 sebanyak Rp130 miliar,” katanya usai menghadiri sebuah seminar di Kota Cirebon, Senin (10/12/2012).

Deddy mengungkapkan pembangunan sarana transportasi lainnya di Jawa Barat seperti Tol Cisundawu, Cikapali dan akses kereta api nantinya akan berhubungan dengan BIJB Kertajati dengan adanya akses tol sepanjang 8,6 Km dari BIJB Kertajati menuju sejumlah akses transportasi lainnya (Tol Cisundawu dan Cikapali).

“Sarana pelabuhan yang ada di Kota Cirebon pun nantinya akan dibenahi agar tidak tergeser dengan adanya BIJB Kertajati dan rencananya pembenahan pelabuhan dilakukan pada 2020,” ujarnya. (k3/ija)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X