BIAYA KULIAH: Daftar Lengkap Uang Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri

260413_RHN-BISNIS 06 TITIAN KARIR TERPADU

(bisnis-jabar.com)

JAKARTA—Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempublikasikan daftar uang kuliah tunggal atau UKT perguruan-perguruan tinggi negeri.

Daftar tersebut dilampirkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 55/2013.

Uang kuliah tunggal merupakan satu-satunya biaya kuliah yang dipungut PTN dari mahasiswa, dan pemungutan uang pangkal tidak lagi diperbolehkan. Mulai tahun ajaran 2013/2014, UKT ditetapkan secara terpusat untuk tiap program studi tiap PTN. UKT merupakan hasil dari pengurangan biaya kuliah tunggal dengan subsidi yang dibayarkan pemerintah kepada PTN.

Dalam lampiran Permendikbud no 55/2013 UKT dibagi menjadi hingga 8 kelompok tarif berdasarkan kemampuan ekonomi mahasiswa. Pengelompokan tarif ditetapkan berbeda tiap program studi per PTN. PTN wajib memberlakukan 2 kelompok UKT dengan nilai pungutan terendah (kelompok I dan II) kepada masing-masing 5% dari jumlah mahasiswa yang diterima.

Berikut informasi lebih lengkap mengenai daftar UKT berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia: DAFTAR BIAYA KULIAH PTN

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X