BPK siap mengaudit Krakatau Steel

BANDUNG (binsnisjabar.com): Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan siap mengaudit kasus PT Krakatau Steel (Persero) terkait pelanggaran hukum dalam pelaksanaan initial public offering (IPO) yang diduga berpotensi merugikan keuangan negara.

Taufiequrachman Ruki, Anggota II BPK RI, mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu keputusan resmi dari DPR.

“Permintaan itu baru disampaikan secara pribadi oleh Marzuki Ali, tapi belum secara resmi disampaikan oleh lembaga DPR. Namun, kami sudah melakukan berbagai persiapan untuk melakukan audit investigasi terhadap PT KS,” katanya hari ini.

Dia menuturkan persiapan yang sudah dilakukan oleh BPK di antaranya mengumpulkan data dan informasi yang terkait dengan dugaan praktik percaloan atau makelar saham dalam pelaksanaan IPO Krakatau Steel, termasuk bukti pendukung lainnya.

Selain itu pihaknya juga telah menyiapkan tim khusus berjumlah sekitar enam oran guna mengusut kasus ini hingga tuntas.

“Kami memilih orang-orang yang menguasi dengan masalah ini. Jumlahnya sekitar enam orang, namun akan kami tambah jika kasusnya melebar,” ujarnya.

Taufiequrachman mengungkapkan lembaga yang akan menjadi sasaran audit antara lain Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), manajemen dan underwriter IPO PT KS, Bappepam, dan Kementerian Negara BUMN

Dia juga mengatakan jauh sebelum launching peluncuran saham, BPK telah mengundang lembaga-lembaga yang berkaitan dengan pelepasan saham tersebut untuk bertanya mengenai beberapa hal.

Kendati demikian, pihaknya tidak bisa mendistorsi dan menyatakan boleh atau tidaknya saham itu diluncurkan.(hh)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X