BTN beri diskon bunga KPR

JAKARTA (bisnis-jabar.com): Demi meraih insentif aset tertimbang menurut risiko, PT Bank Tabungan Negara Tbk menawarkan penurunan bunga kredit pemilikan rumah bagi nasabah yang memberikan uang muka minimal 30%.

Saut Pardede, Direktur Keuangan Bank Tabungan Negara (BTN), mengatakan aturan baru mengenai penghitung aset tertimbang menurut risiko (ATMR) merupakan insentif bagi bank yang memenuhi syarat.

“Yah ada keuntungannya karena bagi yang memenuhi syarat capital charge [bobot risiko] turun jadi 35%,” ujarnya kepada Bisnis, pekan lalu.

Aturan penghitungan yang berlaku mulai 2 Januari 2012 tersebut menurunkan bobot risiko ATMR kredit pemilikan rumah (KPR) hingga 35% dibandingkan dengan sebelumnya 40%. Penurunan tersebut mensyaratkan rasio kredit terhadap nilai jaminan (loan to value/LTV) sebesar 70%.

Dengan kata lain uang muka yang harus dibayar oleh nasabah minimal 30% dari harga rumah. Bagi KPR dengan uang muka di bawah 30% hingga 20% tidak menerima insentif karena bobot risiko tetap 40%. Sementara itu, bagi KPR dengan uang muka di bawah 20% harus menerima kenaikan bobot risiko menjadi 45%.

Saut mengakui mayoritas KPR komersial di perseroan selama ini memiliki tingkat uang muka sebesar 20%, bahkan untuk KPR subsidi masih banyak yang membayar uang muka 10%. Bila hal ini terus berlanjut pada tahun depan, maka dapat dipastikan BTN tidak menikmati insentif pengurangan ATMR secara signifikan.

Untuk itu, lanjutnya, perseroan berusaha agar permohonan KPR pada 2012 memiliki uang muka minimal 30%, dengan iming-iming penurunan bunga kredit. “Bisa saja untuk KPR yang baru, kami turunkan bunganya sepanjang uang mukanya 30%,” ujarnya. (fsi)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X