INDUSTRI PESAWAT: PT DI tuntaskan CN235 pesanan TNI AL tahun ini

(bisnis-jabar.com)

BANDUNG (bisnis-jabar.com): PT Dirgantara Indonesia (PT DI) akan menyelesaikan lima pesawat CN235 pesanan TNI Angkatan Laut (AL) tahun ini.

Penyelesaian pesanan ini adalah bagian dari kerjasama antara PT DI dan TNI AL yang dimulai sejak tahun 2009 lalu.

Menurut Humas PT DI Rakhendi Triatna dalam kerjasama tersebut, awalnya, TNI AL memesan tiga pesawat, namun bertambah menjadi pesan lima pesawat CN 235.

“Saat ini kelima pesawat tersebut tengah dalam pengerjaan,” katanya.

Selama ini TNI AL memang belum memiliki CN235. TNI AL baru memiliki pesawat C212 sebanyak tiga unit buatan PT DI. ”Yang sudah memiliki CN235 baru TNI AU, angkatan lain belum,” katanya.

Spesifikasi CN235 yang dibuat untuk TNI AL tetap sama dengan pendahulunya. Misalnya dibandingkan dengan pesawat pesawat CN235 110 KCG pesanan Badan Penjaga Pantai Korea Selatan atau Korea Coast Guard (KCG), tentu masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

“CN235 memiliki kelebihan dalam mengarungi wilayah kelautan. Indonesia memiliki wilayah laut yang luas. Diharapkan, kontrol TNI AL dengan adanya CN235 bisa lebih maksimal,” katanya.

“Dengan adanya Lima pesawat CN235 kontrol lautan bisa menjadi 14 jam. Tetapi untuk bisa ngontrol 24 jam diperlukan 12 unit pesawat lagi,” katanya.(k57/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X