CALON PRESIDEN 2014: Jokowi Kandidat Paling Kuat

(JIBIPHOTO)

(JIBIPHOTO)

JAKARTA-Publik ternyata mendambakan pemimpin berkarakter bersih dari praktik tindak pidana korupsi dan hidup sederhana, seperti yang melekat pada sosok Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta saat ini.

“Dari survei CSIS [Centre for Strategic and International Studies], elektabilitas Jokowi unggul jauh dari calon lain, itu menunjukkan publik mencari figur yang sederhana dan tidak korupsi,” kata Budiatna, pengamat politik dari UI, seperti dikutip Antara, Sabtu (1/6/2013).

Dia menilai, kebijakan yang diambil Jokowi dalam memimpin Jakarta menyentuh kepentingan masyarakat tanpa ada sistem birokrasi yang menghambat.

Budiatna mencontohkan program Kartu Jakarta Sehat (KJS) yang dapat diakses langsung penduduk Jakarta tanpa surat rekomendasi dari kelurahan.

Sebelumnya, berdasarkan survei CSIS, tingkat elektabilitas Jokowi sebagai calon presiden sebesar 28,6%, mengungguli capres yang sudah beredar selama ini yakni Prabowo Subianto 15,6%, Aburizal Bakrie 7%, Megawati Soekarnoputri 5,4%, Jusuf Kalla 3,7%, Mahfud Md. 2,4%, Hatta Rajasa 2,2%, sekitar 28% responden belum memiliki pilihan.

Popularitas politikus PDI Perjuangan itu sebesar 85,9%, mengalahkan Ani Yudhoyono di angka 78,5%.

Pejabat lainnya, yakni Sri Sultan Hamengku Buwono X 59,5%, Dahlan Iskan 42,6%, Mahfud MD 39,6%, Pramono Edhie Wibowo 20,2%, Djoko Suyanto 15,2%, Gita Wirjawan 8,4%.

Budiatna mengatakan Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto merupakan figur yang potensial karena dicitrakan bersih, cerdas dan keturunan bengawan ekonomi Indonesia, Sumitro Djojohadikusumo.

Namun menurutnya, Prabowo masih terganjal dengan pencitraan negatif karena dikaitkan dengan kasus Hak Asasi Manusia (HAM) pada saat reformasi 1998.

“Saat ini masyarakat melirik figur yakni orang yang bersih dan tidak memiliki dosa politik,” ujarnya.(antara/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X