Ceres perluas pabrik produksi cokelat di Bandung

Ilustrasi Coklat (Reuters)

BANDUNG (bisnis-jabar.com): Produksi cokelat PT Ceres diproyeksikan meningkat menyusul rencana perusahaan itu meresmikan proyek perluasan pabrik mereka di Jl Mohamad Toha Bandung.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Ferry Sofwan mengemukakan berdasarkan jadwal yang dia terima, peresmian perluasan pabrik akan dilakukan oleh Menteri Perindustrian M.S Hidayat.

“Hari Jum’at ini akan akan ada peresmian perluasan pabrik Ceres oleh Menteri Perindustrian,” katanya hari ini.

Ferry menuturkan Jabar memang merupakan salah satu produsen utama cokelat olahan di Tanah Air, selain Banten.

Menurut dia, beberapa pabrik pengolah cokelat di Jabar terdapat di Bandung dan Garut yang sebagian merupakan peninggalan Belanda.

Ferry menuturkan kebutuhan bahan baku produksi pabrik pengolah cokelat Jabar dipasok oleh kawasan-kawasan penghasil kakao utama di Indonesia a.l Sulawasi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.

“Pasokan kakao dari Jabar juga memang ada meskipun relatif sedikit. Seperti kakao produksi PT Perkebunan Nusantara VIII,” tuturnya.

Dia memproyeksikan produksi cokelat Jabar akan terus meningkat di masa mendatang menyusul penaikan produksi kakao nasional yang melejit di tingkat internasional.

Pada 2009/2010 lalu, produksi kakao Indonesia merangsek ke urutan kedua menggeser Ghana, dari sebelumnya di urutan ketiga. Sedangkan peringkat pertama masih ditempati Pantai Gading.

Pada periode 2009/2010 tersebut, produksi kakao Pantai Gading mencapai 1,19 juta ton, Indonesia 690.000 ton, dan Ghana 490.000 ton. (Ajijah)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X