Cinderamata Jakarta Ternyata Banyak Buatan China, Duh!

JAKARTmade in chinaA–Pincky Sudarman dari PT Alun-Alun Indonesia Kreasi mengatakan banyak cindera mata khas DKI Jakarta tapi buatan China.

“Saya suka miris kalau melihat cindera mata khas Jakarta merupakan produksi luar, seperti China dan negara-negara sebrang lain,” kata Pincky di Jakarta, Kamis.

Menurut Pincky yang juga ketua dewan juri Jakarta Souvenir Design Award (JSDA), salah satu alasan produsen dalam negeri enggan memproduksi cindera mata khas Jakarta adalah karena kurangnya akses modal.

“Untuk memproduksi souvenir dibutuhkan¬†costproduksi yang tidak murah selain untuk produk souvenir itu sendiri juga untuk kemasan dan pemasarannya,” kata Pincky.

Oleh sebab itu, acara seperti kompetisi desain JSDA diharapkan mempu membantu para perajin dan produsen untuk memasarkan hasil kreativitasnya.

“Dengan mengikuti JSDA maka desain pemenang akan diproduksi secara massal dan dikenalkan ke pasar-pasar secara gratis,” kata Pincky.

Dengan gelaran tersebut diharapkan ke depan Jakarta akan memiliki cindera mata khas yang dapat diproduksi oleh anak negeri.(Antara/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X