CUACA BURUK: Penyeberangan Gilimanuk Ditutup Sementara

NEGARA—Pelabuhan penyeberangan Gilimanuk-Ketapang kembali ditutup sementara, Senin pukul 15.30 Wita, seiring dengan kondisi cuaca di Selat Bali yang memburuk.

“Sehubungan dengan cuaca yang kurang baik, penyeberangan sementara kami tutup,” kata Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Pelabuhan Gilimanuk, Wahyudi Susianto, saat dihubungi dari Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

Pihaknya akan kembali membuka pelabuhan penyeberangan itu jika kondisi cuaca di Selat Bali benar-benar kondusif untuk aktivitas pelayaran.

Sementara itu, Kepala Polsek Kawasan Laut Gilimanuk Kompol Made Prihenjagat mengatakan, kombinasi antara hujan lebat dan angin kencang terjadi di Selat Bali.

“Kalau di Pelabuhan Gilimanuk, hujan turun sangat lebat. Sementara di Pelabuhan Ketapang (Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur) hujan disertai angin kencang sangat membahayakan kapal,” katanya.

Hingga berita ini ditulis, situasi di Pelabuhan Gilimanuk dan Pelabuhan Ketapang tidak terlihat adanya antrean kendaraan yang cukup panjang.

“Sekarang belum ada antrean, tapi kalau ditutupnya terlalu lama, sangat mungkin terjadi antrean kendaraan,” ujar Prihenjagat.

Pihak otoritas pelabuhan di Gilimanuk maupun Ketapang beberapa kali terpaksa menutup penyeberangan karena cuaca buruk.

Namun, beberapa kali penutupan tersebut rata-rata hanya berlangsung satu jam dan jalur pelayaran kembali dibuka pada saat cuaca bagus.

“Prioritas utama kami adalah keselamatan kapal, penumpang serta kendaraan yang diangkut. Begitu terjadi cuaca buruk yang membahayakan pelayaran, pelabuhan kami tutup sementara,” ujar Wahyudi.(Antara/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X