DEMO BURUH: Ini Lokasi Berkumpulnya Massa di Jakarta & Bekasi

JAKARTA—Demo buruh yang rencananya akan dilakukan pada Rabu (3/10) diperkirakan memiliki beberapa lokasi pertemuan sebelum akhirnya menuju lokasi unjuk rasa.

Berdasarkan informasi yang diterima melalui pesan singkat pribadi, ada empat titik pusat pertemuan di kawasan Bekasi, yaitu:

Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat

Kawasan Hyundai/Delta Silikon/EJIP, Cikarang

Kawasan AII Jababeka di depan PT Samsung

Kawasan Gobel, Cibitung

Setelah itu, aksi demonstrasi di Monas akan dilakukan pada pukul 09.00 WIB.

Sementara di Jakarta Utara, tempat pertemuan akan dimulai di Astra Honda Motor (AHM) pada pukul 06.30 WIB. Sekitar 1500 orang dengan kendaraan bermotor dikerahkan menuju lokasi demo. Selanjutnya, massa akan bergerak ke kantor pusat Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Setelahnya, kelompok buruh akan bergerak ke Pulo Gadung melalui Kelapa Gading dan Pegangsaan. Kawasan Pulo Gadung rencananya akan mulai diblokir sejak pukul 06.00 WIB.

Sebelumnya, perwakilan serikat buruh setuju untuk mengurangi lama aksi demonstrasi dari 5 menjadi 1 hari setelah berdiskusi dengan pemerintah di Kantor Kementerian Koordinator Perkonomian pada Selasa (2/10).

“Pada hari ini belum ada kesepahaman, tapi tidak deadlock. Mogok nasional tetap kita lakukan, tapi kita turunkan dari 5 hari menjadi 1 hari, tidak satu hari penuh,” kata Presiden Majelis Pekerja Buruh Indonesia Said Iqbal.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan pemerintah dan buruh telah menyepakati negosiasi dibatasi pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengenai outsourcing.(Kabar24/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X