DEMO BURUH: Sebagian Jalan Tol Akan Lumpuh Hari Ini

(bisnis-jabar)

JAKARTA – Sebagian jaringan tol di Jabodetabek akan lumpuh akibat dari demonstrasi buruh Rabu (3/10) yang rencananya akan diikuti lebih dari 900.000 orang di berbagai kawasan industri di Jabodetabek.

Presiden Majelis Pekerja Buruh Indonesia Said Iqbal mengatakan demonstrasi buruh akan berpusat di kawasan industri Ejip Cikarang.

Dia memaparkan hampir 700.000 buruh berencana berdemonstrasi di kawasan industri tersebut, sedangkan 200.000 orang yang lain akan berunjuk rasa di kawasan industri Pulogadung, Cakung dan Sunter.

“Kami tidak akan tutup akses pelabuhan, bandara dan tol. Tapi tol bisa lumpuh total karena pintu kawasan industri terhubung dengan 7 kawasan industri di Bekasi dan 5 kawasan industri di Cikarang,” kata Said, Selasa (2/10).

Demonstrasi tersebut, tegasnya, adalah aksi damai untuk mendorong pemerintah dan pengusaha mencari solusi mengenai masalah outsourcing melalui dialog dengan perwakilan buruh.

“Kami putuskan mogok nasional tetap berlangsung 3 Oktober dari 5 hari menjadi 1 hari,” paparnya.

Said mengatakan akan ada 4 juta buruh yang berunjuk rasa di 80 kawasan industri di 21 Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia, termasuk 900.000 yang berdemonstrasi di Jakarta.(JIBI/yri)

Tag Terkait

One Komentar untuk DEMO BURUH: Sebagian Jalan Tol Akan Lumpuh Hari Ini

  1. Selama Pemerintah SBY tetap berpihak kepada Kapitalis/ pengusaha, demo buruh akan tetap/ selalu terjadi. Yang akan dirugikan : Pemerintah, Rakyat, dan buruh sendiri.Jalan keluar: Pemerintah SBY agar memenuhi tuntutan buruh, karena sistem outschorsing tidak manusiawi.

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X