Disperindag Dorong Pembangunan Sub Terminal Agribisnis

(bisnis-jabar)

(bisnis-jabar)

BANDUNG (bisnis-jabar.com)–Untuk meningkatkan daya saing harga jual buah lokal dengan impor, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar mendorong intansi terkait membangun sub terminal agribisnis atau pusat distribusi regional.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar Ferry Sofwan Arief mengatakan dengan dibangunnya fasilitas tersebut diharapkan membuka informasi bagi sejumlah kelompok tani mengenai harga komoditas tertentu di pasaran.

“Untuk mengatasi terjadinya lonjakan harga buah lokal, diperlukan upaya perbaikan sistem distribusi agar rantai pasokan tidak panjang dan mengakibatkan harga tidak kompetitif,” katanya kepada Bisnis Jabar, Kamis (18/4).

Menurutnya, Dinas Pertanian menjadi institusi yang lebih berhak dalam mengelola dan menangani sub terminal produk hortikultura tersebut. Meski begitu, pihaknya bisa terlibat dalam hal informasi harga pasaran.

Saat disinggung mengenai berlakunya pembatasan impor buah-buahan, dirinya menganggap apa yang dilakukan pemerintah pusat melakukan pengaturan masuknya buah impor telah meningkatkan daya saing buah lokal.

Sebelum dilakukan pengaturan, harga buah lokal lebih mahal Rp5.000 dari buah impor. Akibatnya, masyarakat cendrung memilih buah impor dan buah lokal menjadi kurang kalah bersaing.

“Setelah dilakukan pengaturan, harga buah lokal dengan impor menjadi relatif seimbang, bahkan harga buah lokal lebih kompetitif,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat tidak perlu ragu dalam mengonsumsi buah lokal. Disamping harga kompetitif, kesegaran buah pun terjamin karena tidak melalui proses pengawetan seperti impor.(k6/k29/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X