Gerhana bulan total akan berlangsung 100 menit

CILACAP: Gerhana bulan total yang akan berlangsung Kamis dinihari pada pukul 00.23-06.02 diperkirakan memengaruhi pasang-surut di laut, ungkap Stasiun Meteorologi Cilacap.

“Kami perkirakan akan terjadi pasang-surut maksimum saat terjadinya gerhana bulan total tersebut karena posisi matahari, bulan, dan bumi berada pada garis lurus atau garis ekliptika. Kami akan amati seberapa besar pasang-surut yang akan terjadi di perairan selatan Jawa Tengah, khususnya Cilacap,” kata analis cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap, Teguh Wardoyo, di Cilacap, hari ini.

Menurut dia, gerhana bulan total yang akan terjadi pada Kamis dinihari tersebut merupakan yang terlama pada abad ini karena akan berlangsung selama 100 menit dan dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia sepanjang cuaca tidak mendung.

“Sedangkan gerhana total akan berlangsung mulai pukul 02.22 dengan puncaknya pada pukul 03.12. Gerhana total akan berakhir pukul 04.03,” katanya.

Selain di Indonesia, kata dia, gerhana tersebut dapat dilihat di Amerika Selatan, Afrika, Eropa, Timur Tengah, Asia, Australia, Antartika, Samudera Atlantik, Samudera Hindia, dan Samudera Pasifik bagian barat daya.

Disinggung mengenai kondisi perairan selatan Jateng pada Kamis, dia mengatakan tinggi gelombang maksimum diprakirakan masih berkisar 3-3,5 meter. Menurut dia, kondisi tersebut diprakirakan masih akan berlangsung hingga tiga hari ke depan.

“Masih tingginya gelombang di perairan selatan Jateng ini dipengaruhi kecepatan angin yang bertiup di atas wilayah perairan yang cenderung searah,” katanya.

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X