HAJI 2013: Kemenag Bojonegoro Terima 236 Koper Haji

BOJONEGORO, Jatim – Kementerian Agama Bojonegoro, Jawa Timur, sudah menerima 236 koper haji asal daerah setempat yang tertahan di Arab Saudi karena dimanfaatkan menyimpan air zam-zam, Senin (5/12) sekitar pukul 24.00 WIB.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Bojonegoro Wachid Priyono, Selasa mengatakan, koper haji asal daerahnya dengan jumlah 236 koper itu dikirimkan dengan tiga buah truk dari Asrama Haji Sukolilo, Surabaya langsung ke kantor setempat.

Menyusul diterimanya koper haji itu, jelasnya, pemilik koper sesuai dengan daftar nama yang ada langsung dihubungi diminta mengambil koper di kantor setempat.

“Pengambil koper harus membawa surat identitas, misalnya, kartu tanda penduduk (KTP), paspor atau surat keseh,” katanya, menjelaskan.

Saat ini, lanjutnya, para pemilik koper atau wakilnya sudah mulai berdatangan ke kantor setempat dan mencari kopernya sendiri-sendiri di halaman kantor setempat.

“Setelah kami cek mengenai nama yang tercantum di koper dan identitas yang dibawa cocok, baru koper bisa dibawa pulang,” jelasnya.

Menurut dia air zam-zam yang ada di dalam koper haji asal daerahnya yang sempat tertahan di Arab Saudi itu, sudah tidak ada lagi.

Yang jelas, menurut dia, haji asal daerahnya itu sebelum berangkat sudah mendapatkan pengarahan mengenai isi koper yang tidak diperbolehkan melebihi 32 kg.

“Saya membawa 10 liter air zam-zam ke dalam tas,” jelas seorang haji asal Desa Sukorejo, Kecamatan Kota Moch. Said, yang menyuruh keluarganya untuk mengambil koper itu.

Dia mengakui tasnya yang tertahan petugas di Arab Saudi itu karena beratnya melebihi 32 kilogram karena di dalamnya ada tambahan air zam-zam 10 liter.

“Saya tidak tahu kalau koper saya ternyata beratnya melebihi 32 kilogram,” ujarnya.

Sebanyak 236 koper haji yang tertahan di Arab Saudi tersebut, dari haji kelompok terbang (Kloter) I yang jumlahnya 444 haji.

Sedangkan haji kloter II sebanyak 445 yang sebagian juga membawa air zam-zam ke dalam koper lolos karena beratnya tidak melebihi 32 kg. (antara/ajz)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X