Harga cabe di Bogor naik jelang Idul Adha

antara

BOGOR (bisnis-jabar.com): Jelang Hari Raya Idul Adha 1432 Hijriah, harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional Kota Bogor, Jawa Barat, mengalami kenaikan, seperti halnya pada harga cabe.

Harga cabe merah keriting naik menjadi Rp26.000 per kilo, begitu juga cabe merah besar Rp17.000 per kilo. Sementara itu harga cabe rawit yang tadinya Rp20.000 turun menjadi Rp16.000, cabe hijau keriting Rp16.000 ribu dan cabe hijau besar Rp12.000 ribu.

Menurut Rico pedagang cabe di Pasar Anyar, kenaikan harga cabe sudah berlangsung selama tiga hari. “Sudah tiga hari harga cabe tinggi. Sebelum harga cabe rawit yang naik, sekarang rawit turun yang naik cabe kriting dan cabe besar,” katanya di Bogor, Minggu.

Menurut Rico kenaikan harga cabe karena ketersediaan stok yang terganggu di Pasar Induk Kemang akibat pasokan yang kurang.

Kurangnya pasokan karena cuaca yang kurang menentu, selain itu kenaikan juga diperkirakan karena trend mendekati Idul Adha. Selain harga cabe, harga beras juga cukup tinggi di pasaran. Harga beras di pedagang Pasar Warung Jambu jenis IR64 dijual Rp7.000.

Sementara itu, harga sayur-mayur seperti kentang turun menjadi Rp5.500 per kilo, bawang merah Rp10.000 perkilo, bawang putih Rp8.000 per kilo dan tomat Rp6.000 per kilo.

Menurut Rico kenaikan harga cabe membuat sistim tawar menawar meningkat. Banyak pembeli yang menawar, namun ia pun tidak mau menjual di luar modal.

“Harga cabe memang selalu naik turun. Sudah biasa, kalau bisa harga jangan naik turun biar masyarakat tidak kebingungan,” kata salah satu pembeli.

Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan, M Sinaga mengakui adanya kenaikan harga menjelang Hari Raya Qurban.

“Ada beberapa produk yang naik, seperti beras, cabe dan daging. Tapi kenaikan ini karena trend pasar menjelang lebaran, kecuali beras yang memang sudah dari Bulognya,” kata Sinaga. (MSU)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X