HARI BATIK: Kultur Batik Jawa Barat Kalah dengan Pekalongan

antara

BANDUNG (bisnis-jabar.com) – Produksi batik daerah yang ada di Jawa Barat masih kalah dengan produksi batik daerah Pekalongan, Jawa Tengah, dalam hal kultur membatik.

Ketua Harian Yayasan Batik Jawa Barat Komarudin Kudiya mengatakan daerah Pekalongan memiliki tradisi membatik yang terjaga dan terus diwariskan hingga saat ini.

“Di Pekalongan itu hampir semua masyarakatnya membatik. Jadi memang ada regenerasi,” ujar Komarudin kepada bisnis-jabar.com saat ditemui di pameran batik dalam acara “A Tribute to Batik” di Trans Studio Mall, Selasa (2/10).

Pemiliki Batik Komar ini menambahkan bahwa sumber daya manusia (SDM) yang bisa membatik di Jawa Barat itu jumlahnya masih sangat sedikit.

“Membatik itu masih belum dijadikan profesi. Masih sekadar hobi dan juga regenerasinya masih sangat kurang,” katanya.

Menurutnya, Jawa Barat itu masih tertinggal jauh dengan Pekalongan dalam hal jumlah dan kualitas SDM , serta teknologinya.

“Harus kita kembangkan batik di Jawa Barat ini dengan suatu pendidikan, tidak hanya cukup dengan bantuan modal,” sebutnya. (k4/ajz)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X