IKAN HIAS: Aquascaping, agar akuarium semakin hidup

Aquascaping (web)

Memelihara ikan hias di dalam akuarium sudah menjadi hobi banyak orang. Selain perawatannya yang mudah karena tak membutuhkann ruang banyak, melihat tingkat ikan-ikan cantik di dalam air juga bisa menenangkan pikiran.

Bagi Anda yang hobi memelihara ikan-ikan cantik di dalam akuarium, saat ini tren yang berkembang di kalangan hobiis ikan hias untuk menjadikan akuarium lebih ‘hidup’. Lebih hidup, karena hiasan yang digunakan di dalam akuarium merupakan tanaman asli.

Inilah yang disebut dengan aquascaping. Sekilas tampilannya tak berbeda dengan akuarium pada umumnya. Yang membedakan adalah penataan akuarium yang didekorasi sedemikian rupa hingga membentuk landscape indah, dan disesuaikan dengan habitat asli si ikan. Termasuk tanaman yang digunakan yaitu tanaman air hidup.

Salah satu penggemar aquascaping adalah Alfitra, yang juga seorang mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Unpad. Sambil menggeluti hobi dan mengaplikasikan ilmunya, Alfitra membuka sebuah galeri aquascaping di Jatinangor. Di sini dijual berbagai jenis ikan hias, tanaman air, dan alat-alat lain untuk keperluan dekorasi aquascaping.

Alfitra menjelaskan, dengan aquascaping, ikan akan menjadi lebih sehat dan akuarium pun jadi lebih bersih. “Prinsip dasarnya sederhana saja, yaitu simbiosis mutualisme. Ikan mengeluarkan karbon dioksida yang dibutuhkan tanaman, sementara tanaman menghasilkan oksigen yang dibutuhkan ikan,” tuturnya.

Karena tanaman yang digunakan asli, maka diperlukan lampu ultraviolet untuk mendukung proses fotosintesis tanaman. Begitu pula dengan substrat atau lapisan dasar akuarium. Apakah pasir, kayu dan batu, atau tanah, harus sesuai dengan jenis ikan dan tanaman. Tanaman dan ikan yang dipilih pun harus sesuai. Intinya semua harus diseimbangkan sesuai kebutuhan.

“Tidak semua ikan bisa digunakan dalam aquascaping. Jika ikan tersebut suka memakan tanaman, malah akan merusak. Begitupula penggunaan tanaman rambat, harus hati-hati. Jika tidak, malah akan menghambat gerak ikan,” kata Alfitra. Jika tanaman dan ikan tumbuh dengan baik, akuarium akan tak akan cepat kotor karena semua komponen yang ada saling bersimbiosis. Menarik bukan?

Ikan yang biasa digunakan dalam aquascaping di antaranya jenis ikan kecil warna-warni seperti guppy, molly, atau platy. Bisa juga digabungkan dengan ikan cantik seperti jenis parrot atau louhan. Serta tentu saja ikan sapu-sapu yang berguna membersihkan lumut akuarium.

Dekorasi aquascaping sendiri ada beberapa macam, seperti aquascaping natural, aquascaping biotope, dan aquascaping Taiwan. Dalam aquascaping natural, dekorasi dibentuk menyerupai bentuk alam, seperti bukit, gunung, dan hutan. Dalam aquascaping biotope, dekorasinya ditata semirip mungkin dengan habitat asli ikan. Sedangkan aquascaping model Taiwan sering dihiasi juga dengan boneka kecil atau rumah.

Anda tinggal memilih dekorasi yang disukai. Harga yang ditawarkan pun beragam. Satu set aquascaping dihargai mulai Rp300.000 hingga puluhan juta rupiah, tergantung ukuran, jenis tanaman dan ikan, serta tingkat kesulitan dekorasinya.

Tertarik mencoba? Pastinya tingkah ikan-ikan cantik di akuarium mampu menenangkan pikiran sekaligus memperindah ruangan Anda.(yri)

Tag Terkait

One Komentar untuk IKAN HIAS: Aquascaping, agar akuarium semakin hidup

  1. Kami menawarkan terumbu karang hidup, hasil budidaya, cocok untuk aquarium dan ikan hias air laut/asin. berbagai varian dan jenis terumbu karang/corals yang kami budidayakan. jika tertarik mohon contak via email atau call di 081252456456. melayani pengiriman domestik hingga cargo Asia Tenggara, Timur Tengah dan Eropa

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X