INFLASI JABAR: Bulan Mei Capai 0,19%

inflasi 2BANDUNG (bisnis-jabar.com)—Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat pada Mei 2013 mengalami Jabar mengalami inflasi sebesar 0,19% atau 135,85 dibandingkan dengan bulan lalu yang mengamlami deflasi sebesar 0,13%.

Kepala Bidang Statistik Distribusi Dody Gunawan Yusuf mengatakan inflasi dipicu oleh naiknya harga barang dan jasa yang ditunjukan dengan beberapa kelompok pengeluaran a.l kelompok makanan jadi, minuman, rokok ,dan tembakau sebesar 0,30%, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 1,04%, kelompok kesehatan sebesar 0,18%, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,04%.

Sementara itu tiga kelompok pengeluaran lainya yang mengalami deflasi a.l kelompok bahan makanan sebesar 0,22%, kelompok sandang sebesar 0,77%, serta kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan 0,11%.

Menurutnya tingkat inflasi triwulan II masih belum berat karena harga komoditas perlindungan inflasi masih stabil seperti beras, bawang merah, dan bawang putih.

“Sebetulnya yang harus diwaspadai inflasi pada triwulan III yang diproyeksi akan meningkat 0,5%, karena pada bulan Juli, Agustus, dan September sudah memasuki bulan Ramadan,  masuknya anak sekolah, dan kenaikan BBM,” katanya Senin (3/6/2013).

Meski kecil peningkatan inflasinya, Dody menilai harga kebutuhan pokok masyarakat masih bisa diredam dengan memperbanyak suplai. Seperti rencana pemerintah untuk mengimpor daging sapi melalui Bulog guna memehuni kebutuhan masyarakat.(k32/k29/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X