INFLASI JABAR: Inflasi 2 Bulan Pertama 2013 Hampir Menyentuh 2%

inflasi3BANDUNG (bisnis-jabar.com)–Inflasi gabungan dari tujuh kota di Jawa Barat dari bulan Januari ke Februari naik 0,79%, dari 133,64 ke 134,70.

Menurut Kepala Bidang Statistik Distribusi Bada Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat, Anggoro Dwitjahyono, dari tujuh kota yang dipantau BPS yaitu Bandung, Tasikmalaya, Sukabumi, Depok, Bekasi, Cirebon, dan Bogor semuanya mengalami kenakkan indeks harga konsumen.

“Tujuh kota tersebut mengalami inflasi semua, yang paling tinggi inflasinya kota Bandung 1,03% dan yang paling rendag Bogor 0,57%,” katanya hari ini (1/3/2013) di Kantor BPS Jabar Jalan PHH Mustopa nomor 43.

Dibandingkan periode Januari-Februari sebelumnya yang mengalami inflasi tidak lebih dari 1%, periode Januari-Februari tahun ini jauh lebih besar yaitu 1,85%.

Anggoro menambahkan kelompok pengeluaran yang menyumbang inflasi terbesar dihasilkan oleh bahan makanan, sebesar 2,15%. Komoditi yang paling signifikan menyimbang inflasi adalah bawang putih sebesar 0,13%, bawang merah 0,09%, tomat sayur 0,07%, cabe rawit dan tomat buah sebesar 0,03%.

“Kami tidak tahu pasti penyebab kenaikan komoditi bahan makanan ini, bisa jadi ini diakibatkan oleh pembatasan impor oleh pemerintah,”tambahnya.

Selain bahan makanan, pengeluaran yang menyebabkan kenaikan inflasi disumbang oleh sektor kelompok makanan jadi, minuman, rokok & tembakau sebesar 0,35%, kelompok perumahanm air, listrik, gas & bahan bakar sebesar 0,56%, kelompok kesehatan 0,09% dan kelompok tranportasi, komunikasi & jasa keuangan sebesar 0,05%.

Kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi yaitu sandang sebesar 0,18% dan kelompok pendidikan, rekreasi & olahraga sebesar 0,02%.(k30/ija)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X