JAGAT ANEH: Ini Dia 7 Permata Paling Langka dan Mahal

Sejak dulu manusia selalu tergila-gila dengan perhiasan, terutama kaum perempuan. Sejumlah batu permata yang kita kenal di antaranya adalah berlian, rubi, atau safir. Nah, berikut ada 7 batu permata paling langka yang pastinya berharga selangit.

1. Jadeite – US$3 juta/karat

Jadeite

Inilah batu permata paling langka, sekaligus paling mahal. Dulu ia hanya bisa ditemukan di Guatemala, namun sekarang sudah ada yang menjualnya di California. Biasanya berwarna hijau, putih atau keabu-abuan. Rekor harga tertinggi yang pernah dipecahkan untuk kalung berhias untaian 27 jadeite berdiameter 5mm adalah sebesar 9,3 juta dolar AS. Rekor ini dipecahkan pada November 1997 di Christie’s Hong Kong Sale.

2. Berlian Merah – US$2,5 juta/karat

Sangat sedikit berlian merah yang pernah ditemukan, dan sedikit pula orang yang pernah melihatnya. Batu ini berwarna merah keunguan, dan menjadi jenis berlian termahal. Berlian merah terbesar dan terbaik biasanya akan dilelang setiap dua tahun sekali, dan akan terjual seharga jutaan dolar.

3. Serendibite – US$2 juta/karat

Batu permata langka ini hanya bisa didapatkan di Srilanka. Hingga sekarang hanya ada 3 serendibite yang pernah dipotong, sebesar 0,35 karat, 0,55 karat dan 0,56 karat. Untuk yang paling kecil tadi saja terjual sebesar US$14.300 per karat.

4. Garnet (Batu Akik) biru – US$1,5 juta/karat

Jenis batu akik ini banyak ditemukan dalam berbagai warna, di antaranya merah, oranye, kuning, ungu, coklat, hitam, dan pink. Yang paling langka adalah yang berwarna biru, terakhir ditemukan tahun 1990 di Madagaskar. Ia bisa berubah warna, dari biru kehijauan di siang hari menjadi bersinar keunguan di malam hari. Rekornya adalah, garnet biru 4,2 karat terjual US$6,8 juta pada 2003.

5. Painite – US$60.000/karat

Batu ini dipercaya merupakan mineral paling langka di bumi. Painite pertama kali ditemukan di Myanmar pada tahun 1950 oleh Arthur Pain. Selama bertahun-tahun, hanya ada 3 painite kecil yang pernah ditemukan.

6. Grandidierite – US$50.000/0,5 karat

Batu mineral kebiruan ini pertama kali ditemukan di Madagaskar. Ia bisa memantulkan tiga warna, yakni biru, hijau dan putih. Ia dinamai sesuai dengan penemunya, yaitu sejarawan alam Alfred Grandidier.

7. Musgravite – US$35.000/karat

Ini merupakan salah satu batu permata paling langka, dan ditemukan baru-baru ini. Ia pertama kali ditemukan di Musgrave, Australia, maka dinamakan Musgravite. Ia juga ditemukan di Greenland dan Madagaskar. Dua butir musgravite yang telah digosok pertama kali berasal dari Sri Lanka, yakni pada 1993.(yri)

Tag Terkait

8 Komentar untuk JAGAT ANEH: Ini Dia 7 Permata Paling Langka dan Mahal

  1. apa bisa copy darat bro? klau lihat barang nya baru bisa pastikan namanya.tq

  2. Sy punya batu hitam pekat ada serat2 kecil warna putih seperti kristal (warnanya seperti gula), batu tsb juga sangat keras, kalau disinar seperti ada kilauan bintik2 kecil berkristal, mungkin ada yg tau batu apa itu?

  3. Saya punya batu mirip painite, cuma asalnya dari indonesia, apa bila saya saya senter keluar cahaya merah kekuningan persis seperti api, batu tersebut punya klep warna merah, kuning, hijau, orange bahkan ada yg keluar klep biru, saya cek di lab hasilnya garnet, tapi setahu saya indonesia tidak punya garnet, batu tersebut luar biasa keras (081297802797 no hp saya)

  4. sy punya batu sebesar bola kasti warnanya hijau tua, seperti berurat, beratnya 330 gram, permukaannya licin seperti marmer. itu batu apaya?

  5. ingin tanya,batu bahan permata berwarna kemerahan gelap,tp bila malam di senter berubah jadi warna kuning itu batu apa namanya?

    • Harry : itu nma na badar. .
      Ada juga yg berwarna angur,merah dan hijau bila d senter. .
      Tapi dasar nya tetap hitam. .

  6. bnr ta itu harga jadeitnya,,q punya tp ukiran singa

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X