Instansi pemerintah harus gunakan LPSE

Oleh: Achmad Aris

BOGOR: Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) meminta agar semua instansi pemerintah hanya menggunakan satu sistem e-procurement yaitu layanan pengadaan sistem elektronik (LPSE).

Plt Direktur Penanganan Masalah Hukum LKPP Setyo Budi Arjanto mengatakan berdasarkan Perpres No. 54/2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, aplikasi e-procurement yang boleh digunakan dalam pelaksanaan e-procurement adalah hanya LPSE.

Perpres tersebut mewajibkan seluruh instansi pemerintah menggunakan LPSE pada 2012. Dia mengakui saat ini banyak instansi pemerintah yang memiliki aplikasi e-procurement sendiri seperti Kementerian Kominfo, Pemerintah Kota Surabaya, Kementerian Pekerjaan Umum, Pemprov DKI, dan beberapa BUMN.

“Kami prihatin memang, semuanya masih egosektoral, jadi pengennya sendiri,” ujarnya di Bogor akhir pekan ini. Untuk itu, LKPP akan mengumpulkan instansi-instansi yang saat ini memiliki aplikasi e-procurement sendiri di luar LPSE, untuk diintegrasikan ke dalam sistem LPSE.

Menurut dia, pembuatan aplikasi e-procurement secara terpisah-pisah tersebut hanya akan menghambur-hamburkan keuangan negara. “Karena sudah ada sistem gratis yang tinggak dipakai. Sistem kami [LPSE] itu open source yang gratis tidak ada biaya lisensi. Jadi satu dipakai bersama,” ujarnya.

Sekretaris Kepala LKPP Eko Wismulyadi menambahkan integrasi aplikasi e-procurement ke dalam satu sistem akan membuat akses pasar penyedia jasa menjadi semakin luas dan tingkat kompatibilitas tetap terjaga.

“Dasar hukumnya jelas bahwa cuma ada satu sistem. Selain efisiensi, akses pasar penyedia jasa akan semakin luas dan compatiblenya terjaga,” tambahnya.(luz)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X