IPO Citylink paling cepat 2013

JAKARTA (bisnis-jabar.com): Rencana penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) maskapai Citilink, unit bisnis strategis PT Garuda Indonesia Tbk, paling cepat direalisasikan pada 2013.

Direktur Keuangan Garuda Elisa Lumbantoruan mengatakan IPO Citilink paling tidak perlu menunggu datangnya pesawat-pesawat baru Airbus A320 mulai 2014.

“Yang jelas Citilink harus spin off [berpisah] dulu dari Garuda. Tidak perlu menunggu datangnya pesawat-pesawat baru untuk IPO. Akan dilihat laporan keuangan Citilink pada 2012, lalu jika memungkinkan maka IPO pada 2013,” paparnya baru-baru ini.

Dia mengatakan pemisahan Citilink dengan Garuda diharapkan bisa dilakukan pada kuartal I/2012, jika Kementerian Perhubungan telah menerbitkan surat izin usaha penerbangan (SIUP).

Citilink merupakan unit bisnis strategis Garuda di layanan penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC). Adapun Garuda saat ini adalah satu-satunya maskapai nasional berpelayanan penuh (full service).

Beberapa waktu lalu, Garuda dan Airbus Industrie, Prancis, menandatangani pembelian 25 unit pesawat A320 dan 10 unit A320 Neo senilai total US$2,18 miliar. Keseluruh pesawat itu akan digunakan untuk Citilink.

Elisa mengatakan pengiriman dari Prancis ke Indonesia dimulai pada 2014 dengan jumlah 5 unit pesawat per tahun.

Kontrak tersebut menindaklanjuti nota kesepahaman yang telah disetujui kedua perusahaan sebelumnya. Dalam nota kesepahaman tersebut dinyatakan bahwa Garuda akan membeli 25 unit A320 dan opsi membeli kembali sebanyak 25 unit.(fsi)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X