JAMUR TIRAM: Kab. Indramayu Butuh 8 Ton Per Hari

INDRAMAYU (bisnis-jabar.com) – Kabupaten Indramayu Jawa Barat membutuhkan pasokan jamur tiram sebanyak 7-8 ton per hari untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat karena pasokan jamur dari lokal (Indramayu) baru mencapai 500 kwintal per hari.

Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Indramayu, pada awal 2012 kebutuhan jamur tiram dari seluruh pasar tradisional hanya mencapai 5 ton per hari.

Pada akhir 2012 kebutuhan meningkat menjadi 7-8 ton per hari, dan hampir 80% kebutuhan jamur tiram dipasok dari sejumlah daerah seperti Kuningan, Bandung dan Sumedang.

Melihat prospek pasar yang bagus, sejumlah masyarakat di Desa Sleman Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu membuat sebuah kelompok petani jamur untuk meningkatkan produksi jamur tiram agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat.

Ketua Kelompok Tani Dharma Tunggal Jamur Tiram di Desa Sleman Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu M. Syukron mengatakan sejak beberapa bulan lalu dirinya terus mendorong masyarakat agar mau melakukan budidaya jamur tiram karena memiliki prospek keuntungan cukup tinggi.

Dirinya menuturkan untuk harga jual jamur tiram di pasar tradisional saat ini antara Rp12.500-Rp13.000 per kg dengan tingkat kebutuhan masyarakat yang terus meningkat.

“Ajakan untuk budidaya jamur tiram kepada masyarakat juga untuk membuktikan bahwa jamur tersebut tidak hanya bisa tumbuh di daerah dataran tinggi,” katanya ketika dihubungi bisnis-jabar.com, Senin (7/1/2013).

Syukron mengungkapkan saat ini petani binaan kelompoknya hanya menggunakan rumah yang tidak digunakan untuk lokasi budidaya jamur tiram dengan media plastik (semacam polibeg) untuk jamur yang ditempatkan di rak bertingkat untuk menghemat tempat.

“Kualitas jamur tiram yang diproduksi di Indramayu ternyata lebih bagus dari jamur yang diproduksi di daerah dataran tinggi karena hasil jamurnya cendrung lembek berair,” ujarnya. (k3/ija)

Tag Terkait

5 Komentar untuk JAMUR TIRAM: Kab. Indramayu Butuh 8 Ton Per Hari

  1. saya jg tertarik bsa mnta alamat lngkapnya ga mngkin kapan2 bisa langsng lihat

  2. saya dari desa kedokan agung kec. kedokan bunder kab. indramayu. saya berminat ingin ikut budidaya jamur yang ada diwilayah sliyeg, karena dekat dengan wilayah saya,,, trima kasih..

  3. Bs hub no 08882206782

  4. iyoman jayantara

    sya mau tanya no hp yang bisa dihub yg ad di indra mayu karena sya mau kirim jamur.

  5. saya suplier jamur tiram dari bandung….siap kirim no hp 087823154826
    info lebih lanjut hub no di atas

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X