KASUS HAMBALANG: KPK Belum Siap Mengeksposnya

JAKARTA–Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Busyro Muqoddas menyatakan kasus dugaan tindak pidana korupsi pembangunan sarana dan prasarana olahraga Hambalang, belum siap ekspos.

Alasannya, karena saat ini menurutnya pimpinan KPK masih menunggu laporan dari penyidik untuk kasus korupsi senilai Rp1,2 triliun tersebut.

“Pimpinan KPK juga untuk menentukan kasus ini harus berdasarkan laporan, baru diputuskan bersama antar pemimpin dan menetapkan langkah selanjutnya,” ujar Busyro di Jakarta Rabu (20/02).

Dia mengatakan laporan itu, saat ini sedang diselesaikan oleh penyidik, dan diharapkan bisa secepatnya diserahkan pada pimpinan KPK.

Ekspos Hambalang sendiri, terkait penetapan Ketua Umum PD Demokrat Anas Urbaningrum, yang sebelumnya gencar diberitakan akan segera ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Busyro menjelaskan meski belum diekspos, namun pihaknya memastikan tidak ada kendala dalam penyidikan kasus yang telah menetapkan Andi Malarangeng mantan Menpora, dan Deddy Kusnidar mantan kepala rumah tangga Kemenpora sebagai tersangka tersebut.

Menurutnya, satu-satunya kendala dalam pelaksanaan penyidikan itu yakni karena dikejar-kejar publik untuk segera menuntaskannya. “Yang pasti, baik penyidik maupun pimpinan KPK memiliki niat atau berkomitmen menyelesaikan kasus Hambalang ini,” tambahnya. (jibi/ija)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X