KEMATIAN KURT COBAIN: Kisah ‘Panglima Grunge’ yang berakhir tragis

Kurt Cobain

Siapa yang tak kenal Kurt Donald Cobain (20 Februari 1967 –  5 April 1994). Dia merupakan penyanyi, penulis lagu dan gitaris dalam band grunge dari Seattle, Nirvana. Hari ini merupakan tanggal tewasnya si cuek dan pemberontak itu dalam sebuah kejadian tragis.

Pada masanya dia mampu menyedot perhatian kalangan muda di berbagai belahan dunia, termasuk di Tanah Air.

Ingatlah ketika lagu-lagu Nirvana menggema di saluran TV ataupun di berbagai pertunjukkan musik  di Tanah Air.

Gaya pakaian ‘cool’ nan sederhana sepertinya sempat ditiru gila-gilaan oleh fans nya di masa tersebut.

Nirvana memang identik dengan Kurt. Pada 1991, melejitnya lagu Cobain yang paling terkenal, Smells Like Teen Spirit, menandai bermulanya perubahan besar dalam musik pop dari jenis musik yang populer di tahun 1980-an seperti glam metal, arena rock, dan dance-pop, kepada grunge dan alternative rock.

Selain itu, lagu-lagu tulisan Cobain lainnya misalnya About a Girl, Come as You Are, In Bloom, Lithium, Heart-Shaped Box, All Apologies, dan Rape Me.

Cobain menikah dengan Courtney Love pada 24 Februari 1992 di Waikiki, Hawaii. Pada 18 Agustus, 1992, Frances Bean Cobain dilahirkan.

Pada 1 Maret 1994, setelah konser di München, Jerman, Cobain didiagnosa dengan bronchitis dan laryngitis yang parah. Ia diterbangkan ke Roma hari berikutnya untuk menjalani pengobatan, dan istrinya bergabung pada 3 Maret.

Pagi berikutnya, Love bangun dan menemukan Cobain sudah overdose dengan paduan dari champagne dan Rohypnol.

Ia dilarikan ke rumah sakit dan setelah lima hari di sana diperbolehkan pulang. Karena masalah drugs ini, Cobain masuk panti rehabilitasi pada tanggal 30 Maret.

Pada malam 1 April, Cobain keluar untuk merokok dan kemudian kabur dari panti tersebut dengan memanjat pagar. Ia kemudian pergi ke Seattle dan menghilang.

Pada tanggal 3 April, Love menghubungi seorang private investigator, Tom Grant, dan menyewanya untuk menemukan Cobain.

Pada tanggal 8 April 1994, jenazah Cobain ditemukan di sebuah ruangan di atas garasi rumahnya di Lake Washington oleh pegawai Veca Electric bernama Gary Smith. Otopsi kemudian memperkirakan Cobain tewas pada 5 April 1994.

Kurt Cobain tetap diingat dan memberikan inspirasi kepada para fans setianya, pada 13 Mei 2010 – 6 September 2010, Seattle Art Museum menggelar pameran bertemakan “Kurt” untuk memberikan penghormatan.(Wiki/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X