KESEHATAN: Sembelit Ringan Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar

sakit perutBANDUNG (bisnis-jabar.com)–Ari Fachrial Syam selaku  Sekretaris Jendral dari Perkumpulan Gastroenterologi Indonesia mengatakan sembelit ringan hingga kronis berkepanjangan dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal atau kanker usus besar.

Hal itu terungkap dalam penjelasan mengenai kesehatan pencernaan di acara Gathering “Waspadai Sembelit Kronis dan Komplikasinya” di Cocorico Cafe, Bandung (1/6/2013).

Pola hidup masyarakat Indonesia yang buruk merupakan faktor penyebab terbesar terjadinya gejala sembelit atau konstipasi.

Dalam jurnal review L. Leung, beberapa kompliakasi dari sembelit kronis yaitu impaksi feses, prolaps rekti, fisura ani, dan wasir.

Beberapa studi juga menunjukan bahwa ada hubungan antara sembelit kronis dengan kanker usus besar. Buang air besar yang kurang atau konstipasi berkepanjangan dapat beresiko mengenai kanker usus besar.

Kanker usus besar merupakan kanker nomor 3 yang sering terjadi di masyarakat Indonesia.

“Data menunjukan wanita lebih tinggi mengalami kontipasi sehingga berisiko mengalami kanker usus besar. Wanita lebih beresiko karena faktor hormon, psikis dan wanita lebih sedikit bergerak dibandingkan pria,” papar  Ari.

Ari menjelaskan menambahkan kanker usus kini sudah banyak ditemui oleh masyarakat umur di atas 40 tahun. Berbeda dengan dahulu kanker usus sering terjadi pada masyarakat usia 60 tahun ke atas.

“Bila sudah mengalami konstipasi kronis, segeralah ke dokter bila berkepanjangan akan terjadi komplikasi,” katanya.

Untuk menghindari terjadinya sembelit yang berisiko kanker usus, lanjutnya, masyarakat harus membiasakan diri dengan pola hidup sehat.(m03/k29/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X