KULINER BANDUNG: Ayam Bumbu Sukabumi, lebih maknyus karena serundeng lengkuas

bisnis-jabar.com

Oleh Abdalah Gifar

Sudahkah Anda makan ayam hari ini? Berapa kali sehari Anda menyantap penganan berbahan ayam? Ayam yang dimasak dengan cara apa yang Anda suka?

Ayam bisa dianggap sebagai lauk utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Kreasi cara memasak atau paduan bumbu jadi kunci agar Anda tidak bosan menyantap masakan yang satu ini.

Bagi Anda penggemar ayam goreng, Anda mungkin perlu mencoba racikan bumbu yang berbeda dari Kota Sukabumi. Inilah Ayam Bumbu Sukabumi (ABS), dari Rumah Makan Ayam Bumbu Sukabumi, Jl. Gardujati No. 11A.

Secara penampilan, ayam goreng ini tidak jauh berbeda dengan ayam goreng kebanyakan. Tampil dengan sambal dan serundengnya, sekilas Anda mungkin akan menganggap menu ini biasa saja. Saat Anda mulai mencicipi dagingnya dengan serundeng dan sambalnya, Anda baru akan tahu sensasinya.

Daniel (23), selaku pengelola rumah makan ini menyebut salah satu kekhasan dari ayam gorengnya ini ada pada serundengnya.

“Serundengnya tidak sama dengan serundeng ayam goreng biasa. Yang ini gak pakai kelapa, tapi kami pakai lengkuas,” ujarnya kepada bisnis-jabar.com.

Selain pada serundengnya, pemilik sekaligus koki rumah makan ini, Setiawati (47), menyebut ayam gorengnya kaya akan cita rasa rempah.

“Ayam Bumbu Sukabumi itu menggunakan delapan macam bumbu yang semuanya berasal dari rempah-rempah,” ungkap wanita kelahiran Bandung ini.

Ayam yang digoreng kering dengan resapan bumbu pada dagingnya serta pedasnya sambal dari menu ini, mungkin bisa membuat Anda ataupun pencinta ayam goreng menjadikan ABS sebagai menu favorit.

Tercatat pada buku menu, sekilas sejarah tentang rumah makan dan menu ini. Ayam Bumbu Sukabumi diperkenalkan pada tahun 1983 di Rumah Makan Apollo milik Ibu Pujiwati di Sukabumi. “Ibu Pujiwati itu kebetulan mertua saya. Suami saya itu anak pertama beliau,” terang ibu tiga putra ini.

Pada tahun 2009, Setiawati bersama keluarga pindah ke Bandung dan merintis usaha dan mengembangkan kembali resep dari mertuanya ini. “Ayam Bumbu Sukabumi pun kami jadikan nama dari rumah makan ini, biar terjaga kekhasannya,” sebut ibu yang menjadikan memasak sebagai hobinya ini.

Anda suka ayam goreng? Tidak perlu takut mertua untuk mencoba menu cita rasa dari Sukabumi ini.(yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X