KULINER BANDUNG: Cari ayam dengan rasa khas Bali di Bandung? ke Jalan Gardu Jati saja

Abdalah Gifar/bisnis-jabar.com

Oleh Abdalah Gifar

Ayam memang tidak ada duanya. Selalu saja ada kreasi dalam penyajiannya yang membuat Anda tidak bosan menyantap sajian berbahan unggas yang satu ini. Termasuk kreasi bumbu dengan label kota tertentu. Seperti pada menu “Ayam Bumbu Bali”, ayam bakar ini tersaji dengan racikan bumbu khas Bali.

Bagi Anda penggemar ayam bakar, Anda perlu mencoba menu ini. Ayam yang akan dibakar biasanya sudah dimasak dengan kecap dan bumbu lainnya, sedangkan pada menu “Ayam Bumbu Bali” ini disertakan pula dengan cabai. Sehingga sebelum dibakar, Anda bisa mencoba daging ini sudah terasa manis pedas.

Setelah dibakar, ayam pun kembali dilumuri sambal pedas dengan irisan jeruk limau. Rasa manis, pedas, dan asam berpadu pada ayam bakar ini. Koki menu ini, Setiawati (47) mengatakan bahwa itulah cita rasa Bali yang dimaksud pada Ayam Bumbu Bali.

“Saya sudah lama mempelajari dan kursus juga. Setelah dicobakan ke orang Bali, mereka bilang ciri khas bumbu Bali memang seperti itu,” ungkap wanita asal Bandung ini.

Setiawati menuturkan, ia terus mengeksplorasi menu masakan dari berbagai bahan baku, dengan cita rasa kota-kota lain pada masakannya. “Karena pada dasarnya saya hobi masak,” ujarnya.

Dibanderol dengan harga Rp12.000, Ayam Bumbu Bali tetap paling digemari pengunjung Rumah Makan Ayam Bumbu Sukabumi (RM.ABS) yang menyajikan menu ini. “Mereka biasanya memesan untuk acara-acara. Jadi sistemnya delivery order,” kata pengelola rumah makan, Daniel (23), putra Setiawati.

Menu tersebut menjadi salah satu andalan dari Setiawati bersama saudaranya, Tje Sen, selaku perintis rumah makan yang berlokasi di Jl. Gardujati No.11A ini. Bahkan menu ini pun sudah mengisi beberapa supermarket.

“Seperti nugget, kami kemas terus didinginkan dulu. Nanti pembeli bisa memanaskannya di rumah,” terang Daniel kepada bisnis-jabar.com. (yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X