LOWONGAN KERJA: Korea Selatan butuh lebih banyak pekerja Indonesia

ilustrasi (antara)

SEOUL: Pemerintah Korea Selatan membuka kesempatan kerja bagi 10.500 TKI untuk bekerja di Negeri Ginseng itu pada tahun ini. Jumlah ini lebih besar dibanding tahun 2011 yakni 6.300 orang.

“Ini angka yang besar tapi kami optimistis akan mampu memenuhinya,” kata Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) Mohammad Jumhur Hidayat di Seoul hari ini.

Jumhur memimpin delegasi BNP2TKI ke Korea Selatan untuk melihat kesempatan kerja di negara itu dan berupaya meningkatkan perlindungan TKI

Pengiriman tenaga kerja ke Korsel dilakukan secara “government to goverment”. Tenaga kerja yang diminta pemerintah Korsel 80% di bidang manufaktur. Selain itu ada juga di bidang konstruksi.

Menurut keterangan dari Kedutaan Besar Indonesia di Korsel seluruh TKI yang berada di Korsel bekerja di sektor formal. Untuk merekrut tenaga kerja tersebut BNP2TKI bekerja sama dengan perusahaan pengerah tenaga kerja.

Syarat untuk menjadi TKI adalah berumur maksimal 35 tahun dan lulus tes bahasa Korea yang diadakan di Indonesia. Setelah lulus tes, nama-nama calon tenaga kerja Indonesia dikirim ke Korsel.

Sementara itu pihak Korsel mengatakan selain tes bahasa juga dilakukan tes kemampuan. Tes dilakukan dengan komputer dan secara tertulis.

Dikatakan, di Korsel TKI selalu bekerja keras, tidak mabuk-mabukan, loyal dan produktivitasnya tinggi. Saat ini jumlah TKI adalah terbesar kedua setelah Vietnam. Jumhur yakin Indonesia mampu menyalip Vietnam.

Hal itu berdasarkan pengalaman sebelumnya. Pada 2007, saat Jumhur baru memimpin BNP2TKI, Indonesia berada di urutan kelima antara lain setelah Vietnam, Thailand, dan Filipina.(Antara/yri)

Tag Terkait

51 Komentar untuk LOWONGAN KERJA: Korea Selatan butuh lebih banyak pekerja Indonesia

  1. saya serius untuk bekerja di korea selatan,..ada pt di pekalongan untuk penempatan kerja di korea,kasih tau ya?

  2. aqw ingin skali bekrja di korea apapun pkerjaan yg di brikan kpada saya..

  3. lowongan ni buat operator PT?

  4. Aq mw ke korea…….. klo boleh taw brp pak biaya y???????

  5. bagaimana cara kerja di korea untuk daerah ponorogo???
    mohon bantuannya 08817096293

  6. aku dong ingin kerja di korea atau dimana,,
    082344140066
    tolong yahhhh
    :(

  7. saya pernah kerja di korea 3 blan…apa saya bisa
    …?

  8. saya pngalaman 5 thn d mlysia..bsa gak yah saya bsa kerja ke korea…dngan skill saya ..

  9. .kalo’ umurnya 17 tahun kira_ bisa apa enggak ya??,,

  10. gajinya brapa/ bln

  11. .Apa sih yang membuat anda berkeinginan kerja di korea?? Memang niat dari hatikah atau karena bumingnya negara korea di indonesia??

  12. saia pengen jadi tki ke korea.

  13. saya ingin sekali kerja di korea,,,, kalau bisa hubungi nomor saya ke 083813119432… saya ingin menanyakan persyaratan apa saja yang harus di persiapkan,,, dan apakah bisa kalau dari luar daerah ?

  14. sy dari dulu tertarik ingin kerja di korea,…jika ada kesempatan..please call me… thank’s

  15. untuk info tentang kerja ke korea hub:0821-1116-6361 (rohwan)

  16. buat saudaraku sekalian…
    persyaratan untuk bekerja di korea bisa anda di website resmi BNP2TKI alamat di http://www.bnp2tki.go.id, persyaratan utamanya adalah umur dibawah 39 tahun ,lulusan SMP keatas, dan yang paling utama adalah lulus tes EPS-KLT ( kemampuan bahasa korea-untuk pencari kerja ) yang diselenggarakan serentak di beberapa universitas di indonesia, soal langsung dari pemerintah korea ( HRD KOREA )
    untuk biaya resminya +/- 10 juta dengan gaji basic ( sekitar 8 juta/bulan )yang perlu dipersiapkan bagi calon tenaga kerja yang ingin bekerja di korea adalah kemampuan bahasa korea basic,banyak lembaga kursus yang menyelenggarakannya. dengan biaya beragam dari mulai 1.5 juta ,
    mudah2an ini sebagai pencerahan buat rekan2 semua yang ingin bekerja di korea ,
    perkenalkan saya ( Rohwan ) saya pernah bekerja di korea selama 5 tahun melalui program G TO G , bagi yang ingin belajar bahasa korea bisa menghubungi saya di 0858-8556-0180 ( lokasi di sumedang dan jakarta )

  17. Penempatan Kerja ke Korea Selatan dilakukan oleh Pemerintah dalam hal ini BNP2TKI,
    adapun Persyaratannya adalah diantaranya:
    **Mempunyai Sertifikat EPS-TOPIK
    **Pria/wanita usia 18-39 pada saat ujian
    **Berbada sehat
    **Tidak sedang dilarang untuk pergi ke luar negeri
    Adapun cara mendapatkan sertifikat EPS-TOPIK adalah dengan mengikuti
    Ujian Bahasa Korea EPS-TOPIK yang di selenggarakan oleh BNP2TKI dan HRD KOREA
    Untuk Pelatihan Bahasa Korea EPS-TOPIK anda bisa menghubungi
    KURSUS BAHASA KOREA MYNARA JAKARTA
    Jl.Raya Hankam 68a,Jatiwarna,POndok Melati (Pondok Gede)-Bekasi-Jawa Barat
    Telp.021 9255 9779 / 0856 9494 7575
    website:www.mynara.web.id
    http://www.mynarakursusbahasakorea.blogspot.com
    Terimaksih

  18. Saya ingin sekali dan sangat berminat untuk bekerja di korea selatan, persyaratannya apa saja yach. tolong dikonfirmasikan ke saya . Bagaimana dengan biaya dan dokumen yang lainnya apakah gratis tapi dipotong dari gaji per bulan atau bayar .

    Terima kasih .
    087782494441

  19. klo kerja d korea persyaratannya apa yach?

  20. dah 2 thn gx krja lg, v skrng mau dong krja lg k korea, v caranya gimna y n brpa biayanya ?

  21. eka rizky mardhiyati

    saya ingin ke bekerja di korea,,,
    kalaw ada lowongan tolong beritahu saya ya ke e-mail saya,,,
    ekarizky.mardhiyati@yahoo.com
    terimakasih,,,

  22. sy dulu pernah kerja di dong yang chain.skg minat lagi.apa msh bs ?081234090018

  23. sy dulu kerja d Dong yang chain Co.Ltd.Pusan,dan skg minat lagi,gmn caranya?

  24. buat teman2 yang ingin mendapatkan informasi ke korea klik aja di http://www.bnp2tki.go.id, dan yang ingin belajar bahasa silahkan anda call saya lewat email :depotkorea@gmail.com, belajar secara privat dengan biaya murah

  25. saya pengen sekali bekerja di korea..itu menjadi impian saya,kalau ada ada lowongan informasi langsung ke no.085218744798.terima kasih

  26. saya ingin sekali kerja di korea, jika ada informasi untuk penyaluran kerja di korea terutama dibidang perhotelan mohon diinformasikan ke email saya di bhiyhe.07@gmail.com terima kasih.

  27. sy ingin sekali kekorea,tp skrg sy msh disaudi, sy tdk tahu gmn caranya dan dimn tempatnya mendaftar tolong beri tahu doooooong

  28. saya mau krja di korea.cra y gmna,trs mendaftar y di mna,mohon untk pnjlsn y.ini no saya 087881584123,trmksh

  29. saya sangat tertarik bekerja di korea mhn penjelasan mengenai biaya dan persyaratan. trm ksh.

  30. PGNN SIHHH . . .
    TPP GRATISSSSSSSSSSSS YAK. . .

  31. mohn jelaskan yg bner sarat bekerja ke korea

  32. saya berminat jadi tki biayanya berapa dan caranya bagaimana…?

  33. gmn caranya dan dmn proses yg resmi

  34. saya ingin ikut ke korea bgmn cr dan persyaratanya + dimn sy harus proses yg resmi terima kasih

  35. kapan ada buka kerja korea

  36. persyaratannya apa aja

  37. boleh nich hubungi or sms saya di 083849040398 bwt persaratanya…

  38. saya berminat sekali mohon hubungi saya di nomer 087888421778, terima kasih

  39. Saya berminat untuk bekerja di korea, mohon hubungi saya di nomo 087888421778 atau 02134734660, terima kasih

  40. tolong hub nomer hp saya 083834197677

  41. saya ingin bekerja disana apa saja persyaratannya,….?
    trus apakah ada biayanya atau gratis…..?

  42. gimana cara mendaftar jadi tki mandiri korea selatan

  43. trs alamatya di mana nih___dan persaratanya apa aja ada biaya nggak tolong penjelasan________tolong hubungi saya 085888124645(peminat ke korea)

  44. caranya gimana yahhh

  45. Apa aja persyaratannya ada g nope atw almt yg bsa dihubung

  46. Biaya kesana berapa dn gmn caranya?

  47. persyaratan apa aja yg harus d siap kan?

  48. mencarikerja

  49. HOW I CAN WORK IN THERE??

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X