Luas tanam padi di Jabar di atas target

BANDUNG (bisnisjabar.com): Luas lahan tanam padi di Jabar hingga Agustus 2010 sudah 5% di atas target tanam tahun ini sehingga Pemprov Jabar optimistis target produksi padi tahun ini tercapai.

Kepala Bidang Produksi Tanaman Pa­ngan Dinas Pertanian dan Tanaman Pa­ngan (Distan) Jabar Slamet Riyadi me­ngatakan luas tanam padi hingga Agustus 2011 mencapai 2,07 juta hektare atau 5% di atas target tanam hingga September 2010 seluas 1,95 juta hektare.

“Kami harapkan peningkatan luas tanam mendorong peningkatan produksi karena perluasan tanam bisa menggantikan produksi dari lahan yang puso akibat hama, kekeringan, dan banjir,” katanya akhir pekan lalu.

Dia mengemukakan produksi gabah kering giling (GKG) di Jabar hingga Agustus 2010 sudah mencapai 9,16 juta ton atau 80,99% dari target awal produksi sepanjang tahun ini sebesar 11,31 juta ton.

Dia mengemukakan peningkatan luas tanam padi pada tahun ini didorong curah hujan yang tinggi sepanjang tahun sehingga petani banyak yang melakukan alih fungsi lahan dari tanaman palawija menjadi padi.

“Peningkatan luas tanam padi otomatis menghambat produksi palawija, namun kami akan menggenjot produksi palawija tiga bulan terakhir di 2010 dengan bantuan benih unggul dari cadangan benih nasional,” katanya.

Dia mengatakan Distan Jabar saat ini sudah mendapatkan alokasi benih palawija unggul sebanyak 20.000 ton untuk jagung dan 144.440 ton untuk kedelai.

Menurut dia, tingginya curah hujan pada bulan ini membuat luas lahan tanam­an padi di Jabar diperkirakan sudah ber­tambah lagi sekitar 33.655 hektare.

Sementara itu, dia menjelaskan luas lahan yang gagal panen (puso) di Jabar pada tahun ini hingga 15 September 2010 akibat serangan organisme pengganggu tanaman seluas 3.799 hektare dari total serangan sebesar 117.197 hektare.

Luas lahan yang puso akibat banjir hingga 31 Agustus 2010 sebesar 1.057 hektare dari serangan seluas 5.554 hektare.

Sedangkan hingga 31 Agustus 2010 belum ada laporan sawah yang puso akibat kekeringan.

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X