Mantan Dirut PT KAI Dituntut 12 Tahun Penjara

Ahmad Kuncoro dan Ronny Wahyudi (bisnis-jabar.com)

BANDUNG (bisnis-jabar.com) – Jaksa Penuntut Umum yang diketuai Rahman Firdaus membacakan tuntutan kepada dua terdakwa dugaan korupsi berbasis investasi PT Kereta Api Indonesia (KAI) yakni Ronny Wahyudi dan Ahmad Kuncoro di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, Senin (15/10).

JPU menuntut keduanya 12 tahun penjara serta denda Rp500 juta, karena telah melakukan tindak pidana yang diatur dalam Pasal 2 ayat (1) Undang-undang No 31/1999 tentang Tindak Pidana Korupsi.

Jaksa Ahmad Yohana dalam pembacaan tuntutannya mengatakan Ronny dan Kuncoro terkena dakwaan primer.

“Keduanya bisa dikatakan kecewa. Tapi, itu masih tuntutan, masih ada putusan hakim. Kita lihat aja keputusannya nanti,” katanya.

Sementara itu, Kuasa hukum Ronny, Wa Ode Nur Zaenab menyatakan ada kepentingan yang bermain dalam kasus ini. Hanya saja dirinya enggan menyebutkan apa yang dimaksud.

“PT OKCM sudah mengaku tidak bisa mengembalikan uang tersebut. Jadi, perbuatan melawan hukumnya di mana,” katanya.

Seperti diketahui, kasus ini bermula saat Ronny menjabat sebagai Direktur Utama dan Kuncoro selaku Direktur Keuangan PT KAI. Keduanya melakukan kerja sama investasi dengan PT OKCM senilai Rp100 miliar.

Dalam perjanjiannya, PT OKCM berjanji akan memberikan keuntungan 11% kepada PT KA dalam periode enam, yaitu hingga Desember 2008. Dan pada akhir perjanjian PT OKCM harus mengembalikan dana pokok sebesar Rp100 miliar.

Namun pada kenyataannya, PT OKCM tak bisa mengembalikan uang tersebut. Hal itulah yang dianggap oleh Kejati Jabar sebagai tindak pidana korupsi.(k29/ajz)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X