Masjid Keramat Empang kawasan wisata religi Bogor

(image rujakjahe.wordpress.com)

(image rujakjahe.wordpress.com)

BOGOR: Masjid An-Nur yang terletak di kawasan Empang atau lebih dikenal dengan sebutan Masjid Keramat Empang pada setiap Ramadan selalu menjadi pusat wisata religi di Kota Bogor.

Pimpinan Masjid Keramat Empang, Habib Hasan Al-’Atthas, Rabu, di Bogor mengatakan, sejak lama kawasan Empang menjadi pusat wisata religi di Kota Bogor yang banyak dikunjungi warga dari sekitar maupun luar daerah.

“Masjid Keramat Empang merupakan salah satu masjid tertua di Bogor. Usianya lebih dari satu abad,” kata Habib Hasan Al-’Atthas.

Pada masa silam, terang Habib Hasan, Masjid Keramat Empang dikenal sebagai pusat penyebaran ajaran Islam di Kota Bogor dan sekitarnya, karena itu warisan sejarah tersebut selalu menjadi pesona bagi wisatawan religi.

“Setiap hari-hari besar Islam, Masjid Keramat Empang selalu dibanjiri wisatawan religi yang datang dari berbagai daerah. Bahkan setiap hari Jumat, wisatawan religi selalu membanjiri Masjid Empang,” kata Hasan.

Oleh karena itu, tak heran bila pada Ramadhan Masjid Keramat Empang setiap hari selalu menggeliat dengan banyaknya wisatawan religi yang berkunjung.

“Setiap malam sepanjang Ramadhan banyak pengunjung yang berziarah. Sebagian ada yang beriktikaf,” ujar Habib Hasan Al-’Atthas.

Ledakan kunjungan para wisatawan religi ke Masjid Keramat Empang terjadi pada malam tanggal 21 Ramadhan. Pada malam 21 Ramadhan, Masjid Empang memiliki tradisi likuran. Tradisi likuran ditandai dengan ziarah berjamaah selepas shalat Ashar, dzikiran, buka puasa bersama, salat maghrib hingga Isya dan Tarawih bersama.

Untuk menjamu ribuan jamaaah yang datang, pihak panitia biasanya menjamu dengan menyediakan menu kuliner khas Empang, yakni nasi kebuli alias nasi yang dicampur dengan daging kambing. Nasi kebuli tersebut biasanya dimakan bersama-sama secara lesehan.

Tingginya frekuensi kunjungan wisatawan religi ke Masjid Keramat Empang membuat kawasan setempat berubah menjadi pusat perdagangan kuliner khas Arab dan pernak-pernik ibadah, yaitu buah kurma, air zamzam, tasbih, siwak, kitab-kitab hingga perlengkapan salat.

Tag Terkait

One Komentar untuk Masjid Keramat Empang kawasan wisata religi Bogor

  1. bogor, pernah kesana, dingin, indah juga tapi ati-ati juga klo nanya alamat jangan sama supir ato tukang ojeg, mending ama pa polisi aja, teman kita kena masak dari terminal baranang siang ke hotel permata yang cuma 100 meter 20 rebu, gila kaga tuh, klo saya mending nyeker aja 3 menit nyampe dah, tapi bogor memang jos dah Insya Allah kesana lagi sambari beli kue unyil lagi

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X