Minuman Soda & Alkohol Bakal Kena Cukai

reuters

BANDUNG (bisnis-jabar.com)–Pemerintah berencana menerapkan pungutan cukai pada beberapa produk makanan dan minuman.

Astera Primanto Bhakti, Kepala Pusat Kebijakan Pendapatan Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan mengatakan jenis-jenis minuman yang rencananya segera terkena cukai yakni yang mengandung karbonat dan soda. Menurutnya minuman berkarbonat dan soda itu termasuk jenis minuman yang mengandung zat cukup berbahaya bagi kesehatan.

“Seperti halnya rokok, efeknya pun kurang baik bagi kesehatan. Karenanya, pemerintah menerapkan cukai pada produk rokok. Nah, rencananya, minuman-minuman berkarbonat dan bersoda pun dapat terkena cukai,” katanya di acara Asia Pasific Tax Forum (APTF) di Grand Royal Panghegar, Jalan Merdeka Bandung, Kamis (27/9).

Kebijakan yang sama rencananya bakal diterapkan pada minuman yang mengandung alkohol karena memiliki alasan yang sama dengan minuman berkarbonat. Menurutnya, pemerintah perlu segera melakukan langkah-langkah penting dalam membatasi peredaran produk-produk yang tergolong cukup berbahaya atau berefek negatif bagi kesehatan.

“Saat ini, rencana penerapan cukai pada minuman berkarbonat, bersoda, termasuk beralkohol masih dalam tahap pembahasan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa diterapkan,” katanya.

Ditempat yang sama, Daniel A Witt, Presiden International Tax and Investmen Center (ITIC) mengatakan penerapan cukai adalah hal yang positif  karena merupakan sebuah konsep jangka panjang yang terencana, terstruktur, dan tersistem.

Penerapan cukai tersebut menurutnya dapat meminimalisir peredaran produk yang termasuk memiliki efek negatif bagi masyarakat.(k57/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X