Mobil Murah Tekan Harga Mobil Bekas

Mobil_murah/bisnis-jabarBisnis-jabar.com, JAKARTA — Harga jual city car di bursa mobil bekas WTC Mangga Dua, Jakarta, melorot selama September 2013. Ini berlaku untuk merek Jepang maupun Korea dengan kisaran antara Rp3 juta – Rp10 juta per unit.

Manajer Pemasaran Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Heriyanto Kosasih berpendapat penurunan itu terdorong banyak varian mobil baru yang masuk ke pasar domestik termasuk mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC).

“Beberapa mulai turun harganya seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris, yang penurunannya besar terutama mobil buatan Korea seperti Kia Picanto, Hyundai dan lainnya. Penurunan ini terjadi sejak IIMS berlangsung,” tuturnya kepada Bisnis, Senin (30/9/2013).

Penurunan harga sekitar Rp3 juta per unit terjadi pada Honda Jazz sedangkan Toyota Yaris sekitar Rp4 – Rp5 juta. City car yang harganya merosot di atas itu adalah merek-merek Korea dan China.

Kendati terjadi penurunan harga tapi secara kuantitas, penjualannya tetap di level aman. Ada sekitar 2.359 unit mobil yang terjual selama September 2013. Jumlah ini melampaui target sebesar 2.300 unit.

Heriyanto menilai sampai akhir tahun volume penjualan tetap terjaga dengan kontribusi terbesar dari mobil multifungsi alias multi purpose vehicle (MPV). Kekhawatiran bisnis mobil bekas terasa untuk periode penjualan di awal 2014 ketika LCGC mulai mengisi pasar otomotif Indonesia.

“Begitu serah terima pembelian LCGC lalu ternyata produknya tidak sesuai harapan konsumen maka orang akan balik lagi ke mobil [bekas] yang ada. Kecuali kalau respon LCGC positif, mungkin ada penurunan harga dan penjualan,” kata Heriyanto.

Segmen mobil serbaguna yang terkuat adalah low MPV, yaitu Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga. Tapi belum banyak populasi Ertiga used car karena belum banyak yang melepasnya untuk dijual. (JIBI/k29)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X