OTOMOTIF: Mengenal Cara Kerja Mesin Diesel

mesin dieselCukup banyak pemilik mobil pribadi berbahan bakar diesel sering lupa melakukan perawatan rutin kendaraannya.

Mungkin hal itu karena terlalu gampangnya perawatan mobil tersebut, termasuk cara mengatasi kalau mogok di perjalanan.

Bagaimana tidak mudah? Perawatan rutin bisa dilakukan sendiri di rumah atau meminta bantuan sopir untuk mengecek saluran bahan bakar, filter oli dan udaranya, yang karena suatu hal bisa saja mampet sehingga menyebabkan mobil mogok.

Namun, masalah pada mesin mobil tersebut tetap harus dicegah jangan sampai terjadi. Apalagi saat dalam perjalanan, sehingga tidak menghambat kelancaran ke tempat yang hendak dituju, dengan memahami secara umum sistem kerja mesin diesel.

Reiner Tandiono S., Training Center Head Service Departement PT Isuzu Astra Motor Indonesia, mengatakan karakteristik sistem pembakaran pada mesin diesel sedikit berbeda dengan bensin.

Pada mesin diesel, udara masuk dan keluar silinder melalui katup mesin, yang kemudian dimampatkan oleh piston menjadi tekanan kuat yang selanjutnya dipercikkan bahan bakar.

Langkah kompresi udara dengan tekanan sangat kuat hingga menghasilkan panas mencapai 5000 C, saat disemprotkan bahan bakar bisa langsung menimbulkan pembakaran.

Untuk mesin bensin, pembakaran harus dibantu pemantik api dari busi. ”Pada intinya semua mesin berfungsi mengubah energi panas menjadi energi mekanik melalui sistem pembakaran yang menghasilkan gerak untuk kendaraan berjalan,” katanya dalam workshop teknologi mesin beberapa waktu lalu.
KEUNGGULAN DIESEL

Keunggulan dari mesin diesel antara lain mempunyai efi siensi panas yang lebih besar sehingga penggunaan bahan bakarnya lebih ekonomis daripada mesin bensin. Selain itu, lebih tahan lama dan tidak memerlukan elektrik ignitor.

Adapun kelemahan mesin diesel, di antaranya tekanan pembakarannya hampir
dua kali mesin bensin, sehingga suara dan getaran mesinnya lebih besar. Hal ini
karena tekanan pembakaran menghasilkan panas tinggi, sehingga mesin diesel harus dibuat dari bahan yang tahan tekanan tinggi dan mempunyai struktur sangat kuat.

Selain itu, mesin diesel memerlukan sistem injeksi bahan bakar yang presisi, serta mempunyai perbandingan kompresi yang lebih tinggi, dan membutuhkan gaya yang lebih besar untuk memutarnya.

Menurut Reiner, getaran dan suara yang besar pada mesin diesel masih terlihat
kendaraan yang menggunakan teknologi diesel injection pump, yang dibenamkan pada kendaraan niaga truk dan sejumlah kendaraan keluaran terdahulu.

Namun, dalam perkembangannya sekarang, teknologi common rail feul system outline seperti yang diciptakan Isuzu, dapat mereduksi suara dan getaran mesin yang selama ini menjadi masalah bagi mobil diesel. Sistem common rail ini berfungsi mengatur tekanan bahan bakar yang dihasilkan oleh supply pump.

Selanjutnya sistem injection akan menginjeksikan bahan bakar tekanan tinggi ke dalam silinder dan enginecontrol module akan mengontrol waktu dan jumlah injeksi pada setiap kondisi mengemudi, sehingga penggunaan bahan bakar lebih efi sien dengan tenaga yang semakin kuat.

Karakteristik mesin diesel tersebut sekaligus menunjukkan kemudahan perawatannya. Jika knalpot mengeluarkan asap hitam pekat, itu pertanda Anda harus segera mengeecek saluran udara dan jika warna asapnya putih kemungkinan ada rembesan oli. (JIBI/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X