PAJAK: PBB Akan Jadi Primadona PAD Kota Tasik

TASIKMALAYA (bisnis-jabar.com)—Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) akan menjadi primadona Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tasikmalaya setelah pengelolaannya diserahkan kepada Pemkot Tasikmalaya dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Januari 2013 lalu.

PBB pajakPotensi awal, PBB Kota Tasikmalaya 2013 sebesar Rp15 miliar dan bisa meningkat jika sudah diadakan pembenahan pada Nilai Objek Wajib Pajak (NJOP).

Kepala Dinas Pendapatan Kota Tasikmalaya Rahmat Mahmudah memperkirakan dari potensi awal Rp15 miliar begitu dibenahi harga NJOP potensi PBB akan mencapai Rp25 miliar.

Sebab, lanjutnya, NJOP saat ini masih menggunakan NJOP lama yang kini dipastikan nilainya meningkat puluhan kali lipat.

“Kami malah memperkirakan PBB ini akan menjadi primadona penerimaan pajak. Potensi awal mencapai Rp15 miliar dan dipredikisi meningkat Rp25 miliar melebihi perolehan pajak Penerangan Jalan Umum (PJU) sebesar Rp18,5 miliar,” katanya, Rabu (16/1).

Dia mengatakan PAD Kota Tasikmalaya sekrang ini mencapai Rp149 miliar terdiri dari pajak daerah Rp44,4 miliar, pajak rumah sakit daerah Rp86 miliar dan selebihnya pendapatan lain-lain termasuk bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi.

“Potensi PAD dari PBB belum dimasukkan pada target PAD tahun 2013, karena penyerahan dari KPP baru bulan Januari 2013,” katanya.

Pajak tersebut, katanya, meliputi BPHTB  Rp15,4 miliar, PJU Rp18,3 miliar, restoran Rp5,2 miliar, reklame Rp2,01 miliar, hotel Rp1,6 miliar dan pajak hiburan Rp163 juta.

“Untuk pajak hiburan memang relatif kecil karena hanya ada beberapa tempat hiburan seperti karaoke dan bioskop.”(k55/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X