Pemilu 2014: Besok, KPU Bakal Cabut Paksa Atribut Kampanye Caleg

Baligo/Bisnis-jabar

antara

Bisnis-jabar.com, BANDUNG–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mengancam mencabut paksa atribut kampanye yang dipasang calon legislatif atau caleg.

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengatakan pencopotan tersebut berdasarkan Peraturan Komisi pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2013 tentang Perubahan Pertama atas PKPU Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye.

“Aturan itu ditetapkan 23 Agustus lalu dan 23 September nanti,” katanya di Bandung, Minggu (22/9/2013).

Menurutnya, artinya caleg masih punya sisa satu hari untuk menertibkan atribut itu secara sadar. Aturan KPU nomor 13 tahun 2013 tersebut adalah tentang pembatasan jumlah atribut kampanye yang boleh dipasang oleh para caleg di kota atau kabupaten, provinsi, dan DPR RI.

Merujuk aturan tersebut para caleg tersebut tidak diperbolehkan memasang baliho. “Jadi kalau mau memasang baligo hanya partainya saja tidak ada foto calegnya,” katanya.

Aturan itu juga mengatur setiap desa atau kelurahan hanya 1 baliho yang boleh dipasang. “Sementara caleg hanya boleh pasang spanduk, itupun hanya 1 buah di desa atau kelurahan,” katanya.

Yayat mengaku sudah berkoordinasi dengan badan pengawas pemilu (bawaslu) untuk menegakkan aturan baru ini.  Menurutnya seluruh caleg wajib menaati aturan ini karena sanksinya pun sangat tegas.

“Kita akan kasih waktu sampai hari Senin, jika masih ada akan dicopot paksa,”katanya.(k57/k29)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X