BJB Dorong Calon Pengusaha Muda

(ilustrasi/bisnis-jabar)

(ilustrasi/bisnis-jabar)

BANDUNG (bisnis-jabar.com)—Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Bank Jabar Banten terus dorong pebisnis pemula dengan memaksimalkan layanan Kredit Cinta Rakyat (KCR).

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengungkapkan program KCR yang sudah berlaku sejak awal tahun 2012 tersebut, hingga saat ini sudah menyalurkan dana hingga lebih dari Rp200 miliar.

“Sampai tahun ini, pemprov sudah gulirkan dana Rp215 miliar. Tahun depan, rencananya pemerintah akan tambah sekitar Rp100 miliar,” katanya setelah menghadiri Business ‘Competition and Workshop Creativepreneur’ di Universitas Padjajaran, Kamis (27/6).

Dia mengungkapkan masyarakat memang harus melalui masa transisi untuk dapat berusaha memperoleh program tersebut. Akan tetapi, menurutnya, pengusaha pemula khususnya wilayah Jabar saat ini sudah punya pemahaman yang cukup baik.

Aher mengatakan jaminan yang diberikan juga cukup menguntungkan karena peminjam hanya dikenai beban 30% dan jaminan tersebut dapat berupa usaha yang dibangun atau bernilai nol.

Sisanya, 70% jaminan ditanggung oleh lembaga Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida).

Menurutnya, bunga yang ditawarkan KCR ini tergolong kecil karena maksimal hanya 8,3% atau rata-rata hanya 5%-6%, jauh dibandingkan kredit usaha yang biasa diberikan yaitu 16%-20%.

Meskipun kenaikan harga BBM terjadi, Aher berjanji suku bunga KCR tersebut tidak akan berpengaruh sehingga terjadi kenaikan.

“Tidak aka nada kenaikan sama sekali, masyarakat Jabar sebagai pelaku UKM dapat berusaha memaksimalkan itu semua bila ingin maju,” ujarnya.

Disamping itu, Herry Yanson, Group Head Mikro BJB mengungkapkan layanan KCR merupakan satu produk BJB yang diplafoni oleh Pemprov Jabar untuk satu visi yang sama yaitu memajukan ekonomi dari pelaku UKM di Jabar.

“BJB hanya diamanahi untuk menyalurkan dan menganalisa penyaluran dana pemprof tersebut kepada para pelaku UKM pemula,” ujarnya.

Herry juga memastikan, suku bunga dari KCR ini tidak akan naik atau dipengaruhi kenaikan harga BBM. (k31/ija)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X