PENDIDIKAN: Palembang Kekurangan Guru Agama Islam

PALEMBANG (bisnis-jabar.com)-Kota Palembang masih kekurangan guru mata pelajaran agama Islam karena baru ada 600 orang, sementara kebutuhan mencapai 1.000 tenaga pendidik.

Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Agama Islam, Nurdiana, di Palembang, Selasa, mengatakan jumlah guru pendidikan agama Islam masih kekurangan karena idealnya setiap sekolah ada empat guru, tetapi sekarang hanya satu sampai dua orang saja.

“Kekurangan guru agama Islam tersebut diharapkan segera ada solusi melalui perekrutan guru berstatus pegawai negeri sipil baru,” katanya.

Menurut dia, apalagi dalam waktu dekat dari 600 guru yang aktif mengajar di ratusan sekolah SD, SMP dan SMA/SMK negeri serta swasta tersebut banyak yang akan pensiun.

Karena itu, kata dia, pihaknya menilai penambahan guru pelajaran agama Islam mendesak untuk segera direalisasikan.

Dia mengatakan, akibat belum cukupnya guru bidang pelajaran tersebut, mereka terpaksa secara bergantian mengajar dengan waktu yang terbatas.

Padahal kalau jumlah guru agama Islam mencukupi waktu belajar anak didik bisa lebih panjang untuk mendorong generasi muda yang bermoral dan berakhlak mulia.

Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemkot Palembang Apriadi S Busri mengatakan, sampai kini pihaknya belum mendapat pengajuan dari lembaga terkait sehubungan dengan kekurangan guru agama.

“Kalau mereka mengajukan, kami akan memproses penambahan guru tersebut, tetapi untuk pegawai negeri sipil akan disesuaikan dengan kuota dari pemerintah pusat,” katanya.(Antara/fsi)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X