PETERNAKAN JABAR: BI Tasikmalaya bangun percontohan kandang ayam di Ciamis

reuters

CIAMIS (bisnis-jabar.com): Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya membangun kandang ayam peternak rakyat sebagai model bagi para peternak ayam pedaging di Priangan Timur senilai Rp100,5 juta.

Lokasi kluster dibangun di area seluas dua hektare bertampat di Kampung Mandala Desa Kerta Mandala Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis.

Cluster dibangun dalam dua model. Pertama model panggung dan kedua model lantai. Kedua model tersebut sebagai percobaan  tingkat efisiensi pembesaran ayam pedaging dengan kapasitas ternak masing-masing 1.500 day old chic (DOC) setiap siklus pembesarannya.

Pimpinan BI Tasikmalaya Isa Anshari, siang tadi, menjelasakan peternakan di Ciamis merupakan peluang besar bagi peningkatan ekonomi lokal di tengah minimnya APBD untuk bidang peternakan.

Menurut dia, sektor peternakan Ciamis mengalami peningkatan pada tahun 2011 mencapai 117,55 % dari sebelumnya Rp40 miliar menjadi Rp87,75 miliar.

Sebesar 2,75% merupakan market share dari ayam pedaging. “Kita berharap, kemitraan antara pemerintah, pelaku usaha dan investor semakin ditingkatkan,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Pokja kluster ayam ras pedaging Priangan Timur Ajat Darajat memperkirakan model kandang yang dibangun didesain akan membuat efisiensi biaya produksi ayam Rp900 per kilo gram per siklus dari biaya produksi sebelumnya.

Itu artinya, kata dia, akan meningkatkan keuntungan bagi para peternak sebab kedua model tersebut merupakan kluster kandang ayam peternak rakyat yang bisa ditiru oleh peternak kecil namun konstruksi sesuai standar.

“Ada dua model kluster yang dibangun. Model panggung dan model lantai. Masing-masing menampung 1.500 ekor day old cikes (DOC) dengan efisiensi biaya produksi yang sama,” katanya.(yri)

Tag Terkait

2 Komentar untuk PETERNAKAN JABAR: BI Tasikmalaya bangun percontohan kandang ayam di Ciamis

  1. Pa saya di tasikmalaya sedang percoban ternak ayam kampung alhamdulilah udah dua kali panen. Tapi dalam keadan kaya begini modal kurang. Sbb ini punya kelompok nama klompoknya ternak ayam kampung mandiri. Yg posisinya di kelurahan setimula kamp sindang sari. Kami disi memerlukan modal

  2. saya sangat setuju atas perhatian pihak terkait pada para peternak. dengan adanya kegiatan seperti di atas semoga bisa membantu para peternak agar lebih terarah dan tingkat kesejahteraan juga meningkat

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X