PILGUB JABAR: Kubu Paten Walk Out Usai Bacakan Keberatan

BANDUNG (bisnis-jabar.com)–Tim Pemenangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki membuktikan keseriusan menolak hasil rekapitulasi akhir suara Pilgub Jabar 2013.

Juru bicara Tim Paten Waras Waskito langsung menyampaikan 10 poin keberatan begitu hasil rekapitulasi dari
26 kabupaten/kota selesai dibacakan seluruh ketua KPUD kabupaten/kota.

Menurutnya ada upaya terstruktur, sistematis dan massiv yang dilakukan KPU, sebagai penyelenggara pemilu untuk memenangkan pasangan nomer 4 Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar.

Indikasi itu adalah keluarnya surat KPU Jabar Nomor 194/KPU-Prov-011/II/2013 tertanggal 21 Februari 2013 perihal logistik Pilgub 2013.

Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa apabila masih kekurangan Model C6-KWK agar digandakan dengan cara difotocopy. Lalu fotocopynya agar dibubuhi stempel PPK atau PPS. Fotocopy formulir C-KWK tersebut tetap berlaku walaupun tidak berwarna. Sepanjang ada stempel PPK/PPS. Pengadaaan sesuai kebutuhan alias tak terbatas.

Poin dua surat tersebut yang ditandatangani Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat juga menyebutkan jika masih ada kekurangan formulir seri C lainnya agar digandakan dengan difotocopy tanpa perlu dibubuhi stempel PPK/PPS. Kecuali model C1-KWK dan lampirannya C1-KWK yang harus dibubuhi stempel PPK/PPS.

Poin tiga, apabila masih kekurangan sampul dapat menggunakan sampul lain atau kantong plastik transparan, dengan menuliskan jenis isi sampul dan tetap menggunakan segel. Keempat formulir-formulir Seri D dan Seri DA dapat pula digandakan sesuai kebutuhan.

Pihak Paten menilai surat edaran tersebut patut dicurigai sebagai alat penggelembungan suara oleh pasangan tertentu. Surat tersebut dikeluarkan ketua KPU Jabar tanpa payung hukun yang jelas.

Pihak Paten juga menuding pasangan nomer 4 memanfaatkan APBD Jabar untuk memenangkan pasangan tersebut dengan memberikan bantuan masing-masing Rp100 juta pada 50 desa.

Menurut Waras keberatan dan dugaan kecurangan tersebut terhimpun dalam laporan setebal 77 halaman. Usai menyerahkan keberatan, rombongan saksi Paten bergegas meninggalkan aula KPU Jabar.(k57/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X