PILKADA KABUPATEN GARUT: Agus Hamdani Calon Bupati Terkaya

(antara)

(antara)

GARUT–Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Garut Jawa Barat mengumumkan nilai total kekayaan 10 pasangan calon bupat/wakil bupati Garut berdasarkan hasil verifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“KPK sudah memverifikasi kekayaan pasangan calon bupati, dan berkas data kekayaannya sudah kami terima,” kata Ketua Pokja Pencalonan KPU Kabupate Garut, Abdal, kepada wartawan, Senin.

Namun dari sepuluh pasangan calon itu, kata Abdal, masih ada satu orang calon bupati Garut, Yamin yang belum selesai diverifikasi karena data kekayaan dan sumber penghasilannya cukup banyak.

“Untuk yang satu pak Yamin belum selesai diverifikasi KPK, katanya kekayaannya banyak,” kata Abdal.

Hasil verifikasi nilai kekayaan tertinggi dari pasangan calon lain yakni calon bupati Garut, Agus Hamdani yang menjabat sebagai bupati tercatat sebesar Rp14.709.262.012, kemudian kedua calon bupati Rudi Gunawan sebesar Rp14.331.584.000, dan calon bupati yang memiliki kekayaan cukup besar pada urutan ketiga yakni Dedi Suryadi sebesar Rp9.819.547.209.

Calon bupati/wakil bupati lainnya rata-rata memiliki kekayaan diatas Rp1 miliar dan tiga calon dengan nilai kekayaan di bawah Rp1 miliar yakni calon wakil bupati dari perseorangan Iwan Suwarsa sebesar Rp846 juta.

Selanjutnya calon bupati dari Partai Demokrat, Ahmad Bajuri Rp414.987.429 dan wakilnya, An An Kusmardian hanya memiliki satu rumah di Depok, satu unit sepeda motor Honda Scoopi, satu mobil Yaris, dan uang tabungan Rp60 juta namun jumlah kekayaan tersebut lebih besar dari angka hutangnya.

“Untuk calon An An memiliki kekayaan tapi kekayaannya itu ternyata punya hutang lebih besar, jadi minus Rp128 juta,” kata Abdal.

Sementara itu 10 pasangan calon bupati/wakil bupati Garut yakni nomor urut satu Dedi Suryadi-Deddy Dores, nomor urut 2 Yamin Supriatna-Dadan Ramdani, nomor urut 3 Sirojulmunir-Iwan Suwarsa. Ketiganya calon dari jalur perseorangan.

Kemudian nomor urut 4 pasangan Memo Hermawan-Ade Ginanjar diusung PDI Perjuangan dan Partai Golkar, nomor urut 5 Agus Hamdani (Bupati Garut saat ini)-Abdusy Syakur yang diusung koalisi PPP dan PKB.

Nomor urut 6 Nadiman-Holil Aksan Umarzen yang diusung 20 partai politik nonparlemen hasil Pemilu 2009. Selanjutnya nomor urut 7 Saeful Anwar-Serli Besi diusung PAN dan Partai Hanura, nomor urut 8 Rudy Gunawan-Helmi Budiman diusung Partai Gerindra, PKS, dan PBB.

Nomor urut 9 didapatkan pasangan Ahmad Bajuri-An An Kusmardian diusung Partai Demokrat, dan terakhir nomor urut 10 pasangan Dede Kusdinar-Endang Suryana dari jalur perseorangan.(Antara/yri)

Tag Terkait

2 Komentar untuk PILKADA KABUPATEN GARUT: Agus Hamdani Calon Bupati Terkaya

  1. garut marilah perbaiki bersama legorwo itu nikmat.
    anggaran untuk putaran kedua lebih baik dianggarkan buat pembangunan garut.

  2. garut marilah perbiki bersama, ( secara menyeluru dari segala bidang sesuai program ) anggaran pilkada untuk putaran kedua Lebih baik untuk pembangunan
    garut. legowo itu nikmat.

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X