PILKADA KOTA CIMAHI: Angka Golput Diprediksi 30%

CIMAHI (bisnis-jabar.com) – Lembaga Survei Nasional (LSN) memprediksi angka golput pada pelaksanaan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi 2012-2017 mencapai 30% dari jumlah penduduk yang telah memiliki hak pilih 358.252 orang.

Direktur LSN Umar Bakry mengatakan salah satu alasan tingginya angka golput tersebut dikarenakan KPU Kota Cimahi kurang maksimal dalam mensosialisasikan pesta demokrasi tersebu.

“Berdasarkan hasil survei yang kami lakukan hanya 46% warga Kota Cimahi yang mengetahui waktu pelaksanaan pilkada. Jika melihat hasil survei tersebut, bukan mustahil jika nanti angka golput akan tinggi,” katanya saat dihubungi Bisnis, Selasa (4/9).

Menurutnya, perlu upaya lebih keras lagi dari KPUD Kota Cimahi dalam rangka sosialisasi pilkada ini.

Selain itu, berdasarkan catatannya, terdapat 5% warga Cimahi yang sudah mempunyai hak pilih  namun belum terdaftar ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sehingga sejumlah warga yang 5% tersebut kemungkinan tidak bisa memilih pada 8 September nanti.

Masih berdasarkan hasil LSN, terdapat 6% warga Cimahi yang dirinya belum mengetahui apakah sudah terdaftar ke dalam DPT atau belum.

“Sehingga apabila ini¬† tidak segera diatasi, maka jumlah angka golput akan semakin meningkat,” ucap Umar.

Pemilihan Kepala Daerah Kota Cimahi itu sendiri akan berlangsung pada hari Sabtu tanggal 8 September 2012. Pada pemilihan tersebut terdapat lima kandidat, yang empat pasangan diusung oleh partai politik, dan satu pasangan merupakan calon independen.

Kelima pasangan tersebut yaitu Gantira Kusumah-Bambang Suprihatin, Supiyardi-Encep Saefulloh, Atty Suharti Tochija-Sudiarto, Cecep Rustandi-Eman Sulaeman dan Ahmad Ramli Assegaf-Jumadi.(k6/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X