PILWALKOT BANDUNG: Ini Dia Kuda Hitam Versi Survei Instrat

BANDUNG (bisnis-jabar.com)—Hasil survei yang dilakukan Indonesia Strategic Institute (Instrat) menunjukkan pasangan Ridwan Kamil-Oded Mohammad Danial (RIDO) dan MQ Iswara-Asep Dedi Ruyadi (IDE) akan menjadi pesaing berat calon lain di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2013.

Direktur Kajian Strategis Instrat Adi Onggoboyo mengatakan kedua pasangan tersebut tingkat popularitas dan elektabilitas yang signifikan dari hasil survei terakhir.

“Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Instrat 19-21 Maret 2013, 19,13% responden memilih pasangan Edi Siswadi-Erwan Setiawan,” katanya, Rabu (27/3/2013).

Menurut Adi, pergerakan Ide dan Rido bisa terlihat dari survei yang mereka lakukan sebanyak 3 kali. “Saat survey pertama, Ridwan Kamil itu hanya 6%, Iswara belum masuk hitungan karena belum ada rencana maju,” katanya.

Namun pada survei kedua, ada kenaikan popularitas dan elektabilitas bagi Ridwan. “Selanjutnya di survei ketiga, usai pendaftaran, Ridwan Kamil dan Iswara bisa unjuk gigi dengan raihan angka yang signifikan,” katanya.

Khusus pasangan Rido, penambahan popularitas dan elektabilitas datang dari pasangannya Oded Mohammad Danial yang Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bandung. Sementara Iswara mendapat pasokan dari mesin politik Partai Golkar yang awalnya mendukung Edi Siswadi.

“Saat masih di Golkar, Edi Siswadi mendapat 29%n. Namun setelah bergabung bersama Erwan Setiawan di Partai Demokrat dan usai pendaftaran, elektabilitasnya malah turun jadi 19,13%. Kita menduga 10% itu lari ke Iswara,” katanya. (ija)

 

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X