PILWALKOT BANDUNG: Survei, Elektabilitas Ayi-Nani Pertama, Ridwan-Oded Kedua

(bisnis-jabar)

(bisnis-jabar)

BANDUNG (bisnis-jabar.com)—Tingkat elektabilitas (kemungkinan dipilih) survei rectoverso periode kedua menjelang Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Bandung pasangan Ridwan-Oded (Rido) mampu menyalip pasangan Edi-Eswan.

Koordinator survei Zaenal Arifin mengemukakan tingkat elektabilitas Pilwakot pada awal Juni 2013 nilai tertinggi diperoleh oleh pasangan Ayi-Nani 33%, Ridwan-Oded 28% dan Erwan melorot ke posisi ke tiga 25%.

Adapun elektabilitas pasangan lainya bila dijumlahkan tidak mencapai 15% seperti, Iswara-Asep 8%, Bambang Alex 2%, Wawan-Sayogo 1%, Budi-Rizal 1% dan Wahyudin-Tony 1%.

“Kemungkinan perubahan posisi tiga besar perolehan suara tersebut akibat mulai berjalanya mesin politik partai yang mulai bergerak bekerja dan isu negatif yang dialami salah satu kandidat,” katanya Kamis (6/6/2013).

Dia menjelaskan, dari hasil survei yang dilakukan pada periode pertama pasangan Edi-Erwan berada pada posisi kedua diatas Ridwan-Oded, dan Ayi-Nani tetap di posisi pertama.

Menurutnya, menurunya elektabilitas pasangan Edi-Erwan akibat popularitasnya tidak mengalami peningkatan, dibandingkan dengan pasangan Rido yang mulai disukai masyarakat terhadap visi dan misinya yang menarik dalam membangun Kota Bandung.

Adapun desain survei dilakukan dengan menggunakan metode Multi Stage Random Sampling sejak 26 Mei hingga 4 Juni dari 1.020 sampel responden yang tersebar di Kota Bandung.

“Untuk memenangkan satu putaran mungkin sulit bagi Rido dan Eswan, teteapi setidaknya mereka bisa memaksa Pilkot dilakukan dalam dua putaran,” katanya. (k32/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X