PREDIKSI SAHAM: Hati-hati Profit Taking Besok

JAKARTA–Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan rawan terhadap aksi ambil untung setelah mencatat rekor tertinggi pada level 4.399.

Analis Indo Premier Securities Ikhsan Binarto memperkirakan IHSG pada perdagangan Jumat (4/1/2013) dapat bergerak di kisaran 4.375-4.425.

“Setelah mencatat rekor, indeks berpotensi mengalami profit taking sehingga bisa terkoreksi,” katanya Kamis (3/1/2013).

IHSG mencatat kenaikan 52,78 poin atau 1,21% selama perdagangan Kamis dengan didukung oleh semua sektor di Bursa Efek Indonesia. Kenaikan tersebut terdorong oleh sentimen positif kesepakatan penyelesaian fiscal cliff di Amerika Serikat.

Analis Mega Capital Fadilah Qudsi menjelaskan indeks berpeluang terkoreksi setelah kenaikan selama 5 hari berturut-turut yaitu pada 3 hari di bulan Desember dan 2 hari di bulan Januari.

“Indeks perlu menghela nafas, harus ada technical correction untuk dapat melanjutkan kenaikan. Kalaupun ada penguatan, levelnya terbatas,” katanya Kamis.

Dia pun memperkirakan IHSG pada Jumat akan bergerak di kisaran 4.380-4.415 dengan kecenderungan turun.

Aksi ambil untung, lanjutnya, juga diprediksi akan menaungi indeks saham setelah mendekati level resistance 4.415-4.420.

“Reli 5 hari menjadi momentum profit taking bagi investor dan itu menahan laju kenaikan indeks,” tuturnya.

Analis Riset Panin Sekuritas Purwoko Sartono memproyeksikan pergerakan indeks relatif terbatas pada Jumat.  “Beberapa saham yang menjadi pendorong kenaikan indeks dalam 2 hari terakhir juga sudah memasuki area overbought,” katanya.

Dia menyebutkan kisaran support-resistance berada pada level 4.365-4.420 dengan saham pilihan termasuk SSIA, AISA, PWON, dan GGRM.(JIBI/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X